Friday 26th of April 2024

Kalender Jawa Hari Ini Rabu Legi 25 Januari 2023, Cek Peruntungan dan Hitung-Hitungan Lengkapnya di Sini

×

Kalender Jawa Hari Ini Rabu Legi 25 Januari 2023, Cek Peruntungan dan Hitung-Hitungan Lengkapnya di Sini

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Kalender Jawa Hari Ini Rabu Legi 25 Januari 2023. Ini merupakan tradisi yang masih melekat dalam kebudayaan masyarakat Jawa. Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi selengkapnya silahkan simak artikel berikut ini hingga akhir.

Di kalangan masyarakat Jawa, Madura, dan yang lainnya. Kalender Jawa mungkin bukanlah sesuatu yang asing. Primbon Jawa merupakan suatu yang dipercayai oleh beberapa masyarakat Jawa dan ada beragam aturan yang berisi mengenai relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta di dalamnya. 


Baca juga: Daftar Pemain Drama Jepang Akai Ringo (2023), Sajikan Kisah Romantis dan Komedi Unik

Baca juga: Sinopsis Drama Jepang Akai Ringo (2023), Adaptasi Manga Romantis Populer Dibintangi Oleh Komiya Rio

Baca juga: Pembebasan Lahan Tol Kediri-Tulungagung Sudah Dimulai, Sejumlah Bangunan Tergusur dan Beberapa Institusi Tak Bisa Beroperasi

Kepercayaan dari masyarakat Jawa terhadap kalender Jawa yang di dalamnya terkandung weton juga dikatakan sebagai sebuah ramalan dengan berbagai gambarannya yang sangat kompleks. Hal ini menjadikan pembahasan ini hingga masa kini sangat diminati oleh masyarakat Jawa.

Kalender Jawa masih menggunakan Siklus mingguan. Yang mana siklus tersebut terdiri dari tujuh hari yakni (Ahad sampai Sabtu, saptawara) dan siklus pekan pancawara yang terdiri dari lima hari pasaran yakni:

- Kliwon/Asih, melambangkan jumeneng (berdiri)
- Legi/Manis, melambangkan mungkur (berbalik arah kebelakang)
- Pahing/Pahit, melambangkan madep (menghadap)
- Pon/Petak, melambangkan sare (tidur)
- Wage/Cemeng, melambangkan lenggah (duduk)

Sumber:

UPDATE TERBARU