Tuesday 18th of June 2024

Cara Menghitung Tiang Balok Bentang 7 Meter Lengkap dengan Dimensi Kolom dan Dimensi Balok: Catat!

×

Cara Menghitung Tiang Balok Bentang 7 Meter Lengkap dengan Dimensi Kolom dan Dimensi Balok: Catat!

--

ASCOMAXX.com – Kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai konstruksi yang tak lain membahas terkait cara menghitung tiang balok bentang 7 meter. Catat di sini! 

Rumah adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk tempat tinggal penghuninya, rumah biasanya dibuat senyaman mungkin dan seindah mungkin supaya si penghuni rumah tersebut merasa nyaman saat menempatinya. Kini sudah ada banyak gaya dan tren dekorasi rumah yang populer. Bicara soal rumah apalagi yang memiliki lebih dari satu lantai, tiang atau kolom menjadi hal yang krusial. 


Dalam prosesnya tiang harus melewati proses yang panjang dan perhitungan yang akurat agar nantinya bisa berdiri dengan kokoh untuk menyangga rumah. Dalam proses konstruksi tiang dibutuhkan perhitungan dan juga perencanaan yang matang demi menghasilkan bangunan yang kokoh, aman dan nyaman untuk dihuni. Salah satu bagian penting adalah pada kolom atau tiang rumah. 

Baca juga: Manfaat dan Fungsi Bale Daja Bali, Bangunan Tradisional Khas Bali yang Menambah Keindahan Rumah

Baca juga: Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Membangun Rumah Walet, Desain Bangunan dan Perizinan Jadi Salah Satunya

Baca juga: Cara Pemasangan Dynabolt Dalam Konstruksi Bangunan atau Pemasangan Alat Elektronik

Beban yang dihasilkan oleh rumah sangat besar sehingga membutuhkan struktur yang pas agar rumah tidak mudah roboh dan bisa menahan beban.

Dalam menghasilkan tiang yang bagus. Dibutuhkan ukuran besi tulang yang tepat, karena material yang paling sering digunakan dalam membangun bagian ini adalah besi dan beton. 

Jenis-Jenis Tiang 

  1. Tiang segi empat atau bujur sangkar dengan tulangan memanjang dan menyengkang.
  2. Tiang bundar dengan tulangan memanjang dan berbentuk spiral. Memiliki kemampuan untuk menyerap deformasi cukup besar sebelum runtuh.
  3. Tiang komposit, yaitu gabungan antara beton dan profil baja sebagai pengganti besi di dalamnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU