Thursday 22nd of February 2024

7 Langkah Dasar Senam Aerobik, Latihan Untuk Memperlancar Peredaran Darah dan Udara

×

7 Langkah Dasar Senam Aerobik, Latihan Untuk Memperlancar Peredaran Darah dan Udara

--

ASCOMAXX.com – Penggemar senam aerobik merapat! Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai langkah dasar aerobik yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Olahraga merupakan salah satu aktivitas positif yang dapat membantu kebugaran tubuh. Diketahui sudah banyak cabang olahraga hingga saat ini yang berkembang dan bisa kamu pilih sesuai dengan minat pribadi.


Baca juga: Mide Formatur Adalah? Berikut Pengertian dan Fungsi Tugasnya dalam Sebuah Organisasi

Baca juga: Wewaler Bahasa Jawa Adalah? Berikut Pengertian Beserta Contoh dan Maknanya

Baca juga: Mengenal Isim Istifham Adalah? Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Tentang Aerobik

Aerobik merupakan bagian dari cabang olahraga senam. Senam aerobik sendiri diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an. Nama senam aerobik berasal dari penggabungan kata aero dan bios, yang bermakna gerakan latihan dengan tujuan membentuk sistem peredaran udara dan darah dalam tubuh.

Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti aerobik adalah bersifat memerlukan oksigen bagi kehidupan, gerak, dan pertumbuhannya. Pengertian tersebut sejalan dengan yang sering dialami para pemula. Jika memaksakan diri, napas tersengal-sengal, sebelum akhirnya pingsan karena kehabisan oksigen.

Jenis-Jenis Aerobik

Untuk jenis-jenis dari senam ini adalah sebagai berikut:

  • High impact aerobics, yaitu senam dengan tempo cepat dan gerakan yang menghentak keras.
  • Low impact aerobics, yaitu senam dengan tempo lambat dan gerakan ringan.
  • Discorobics, yaitu senam dengan kombinasi gerakan high impact aerobics dan low impact aerobics yang diiringi musik disko.
  • Rockrobics, yaitu senam dengan kombinasi gerakan-gerakan keras, ringan dan rock n roll.
  • Aerobic sport, yaitu senam dengan kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan, serta gerakan-gerakan kalestenik atau gerakan membentuk kelenturan.

Sumber:

UPDATE TERBARU