Tuesday 16th of April 2024

Resep Rawon Untuk 20 Porsi, Gini Takaran Bahan dan Bumbunya Dijamin Tak Kalah Dari Menu Restoran

×

Resep Rawon Untuk 20 Porsi, Gini Takaran Bahan dan Bumbunya Dijamin Tak Kalah Dari Menu Restoran

--

ASCOMAXX.com – Memasak merupakan hal yang menyenangkan. Namun ini menjadi merepotkan jika berurusan dengan takaran. Nah, kalau kamu bingung, langsung saja simak informasi berikut ini yang membahas mengenai resep masak rawon 20 porsi.

Indonesia dikenal dengan beragam masakan tradisional. Salah satunya adalah rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur. Rawon identik dengan kuah hitamnya yang terbuat dari rempah-rempah bernama kluwek.


Melalui artikel kali ini akan kami berikan rawon 20 porsi yang gampang buat pemula, irit, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Langsung saja catat step by stepnya di bawah ini. 

Baca juga: Resep Rawon Untuk 10 Porsi yang Medok dan Enak, Pemula Tak Perlu Bingung Cuma Tinggal Cemplang Cemplung

Baca juga: Resep Masakan Bakmi untuk Kondangan Lezat Porsi Banyak, Simak Bahan dan Cara Berikut!

Baca juga: Resep Mie Goreng Nikmat untuk 50 Porsi, Cocok Dibuat pada Pesta atau Acara Tertentu!

Rawon memang enak. Rasa lezatnya berasal dari kunyit, kemiri, serai, ketumbar, jinten hingga daun jeruk. Tak heran jika rawon memiliki cita rasa yang nendang dengan keempukkan daging sapi.

Bumbu rawon daging ini selalu menggunakan daging sapi, tapi ada yang membuatnya khas yaitu tampilan kuahnya yang berwarna hitam gelap. Alasannya adalah karena buah keluak atau kluwek.

Untuk mendapatkan warna khasnya, isi buah yang direbus terlebih dahulu ini dicampurkan dengan kuah kaldu sapi yang juga dipakai untuk memasak dagingnya. Selain warna hitam pekatnya, kaldu sapi akan memiliki rasa yang khas dan tidak lazim ditemui di masakan-masakan lainnya.

Selain dengan kluwek, rawon juga kaya akan rempah-rempah Nusantara lainnya. Rasa lezatnya berasal dari kunyit, kemiri, serai, ketumbar, jinten hingga daun jeruk. Tak heran jika rawon memiliki cita rasa yang nendang dengan keempukkan daging sapi.

Sumber:

UPDATE TERBARU