Monday 20th of May 2024

Kumpulan Kalimat Pembuka dan Penutup Reporter Dalam Membacakan Berita yang Baik dan Benar

×

Kumpulan Kalimat Pembuka dan Penutup Reporter Dalam Membacakan Berita yang Baik dan Benar

--

Menurut KBBI, reporter adalah orang yang pekerjaannya melaporkan (berita, peristiwa, dan sebagainya). Biasanya reporter bekerja pada sebuah media dan secara khusus mencari dan melaporkan berita untuk media tersebut.

Tugas dari seorang reporter adalah menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur. Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan. Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.


Wartawan dan jurnalis memiliki tanggung jawab yang lebih luas, termasuk menulis artikel, memproduksi siaran radio atau televisi, atau membuat konten untuk platform online. Di sisi lain, reporter biasanya fokus pada pengumpulan dan penyebaran informasi.

Pengertian Teks Reporter atau Teks Berita

Teks reporter adalah teks yang ditulis oleh seorang reporter atau jurnalis untuk menyampaikan informasi kepada publik melalui media massa. Secara umum, teks reporter berfungsi sebagai panduan terkait informasi yang harus disampaikan oleh reporter.

Baca juga: Downlod Teks MC Acara di Pondok Pesantren Lirboyo, Bisa Untuk Perpisahan Atau Haflah Ahirusanah

Baca juga: Contoh Teks MC Acara Haflah Akhirusanah Pondok Pesantren Lirboyo, Simpel dan Penuh Motivasi

Baca juga: Kumpulan Contoh Teks MC Pengajian Ibu Shohibul Bahasa Sunda, Sederhana dan Bikin Cair Suasana

Kumpulan Kalimat Pembuka dan Penutup Reporter Dalam Membacakan Berita yang Baik dan Benar

Pembuka:

Selamat pagi/siang/sore/petang/malam. Saya (nama pembawa berita), akan menemani anda dengan berbagai topik hangat terkini dan aktual selama 30 menit kedepan dalam acara (nama acara berita)

Perlu diketahui, bahwasannya dalam menyampaikan sebuah berita, harus dalam suasana formal, sehingga tidak disarankan menggunakan kata yang sedikit santai atau bahkan gaul dalam membawakan berita yang akan pembawa berita sampaikan kepada para audience.

Begitu juga dengan contoh teks dari pembawa berita, yang mana juga harus formal dalam penutupan acara berita, dengan tetap memperhatikan intonasi, serta penahanan emosi untuk tetap lebih tenang, namun dapat menarik perhatian para audience.

Teks penutupan:

Demikian berita kali ini, saya (nama pembawa acara berita) mohon undur diri dari hadapan Anda. Terimakasih dan selamat pagi/siang/sore/petang/malam/, sampai jumpa.

Bagaimana menarik sekali bukan pembahasan yag bisa kami sampaikan mengenai pengertian dan contoh teks diskusi yang bisa kami berikan melalui artikel kali ini. Semoga bisa membantu kamu, ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU