Tuesday 14th of May 2024

Daftar Harga Tumpeng 10 Porsi Termurah yang Enak Dan Lengkap, Bisa Request Isian: Pesan di Sini

×

Daftar Harga Tumpeng 10 Porsi Termurah yang Enak Dan Lengkap, Bisa Request Isian: Pesan di Sini

--

ASCOMAXX.com - Tumpeng menjadi salah kuliner Indonesia yang populer. Biasanya masakan ini sering digunakan ketika seseorang sedang menyiapkan sebuah acara atau jahat. Tidak hanya itu tumpeng juga bisa dibuat dari berbagai bahan sesuai dengan preferensi pribadi.

Salah satu jenis tumpeng yang populer adalah tumpeng. Tumpeng merupakan sajian nasi berbentuk kerucut yang lekat dengan kebudayaan Jawa. Tumpeng biasa disajikan dalam acara-acara penting atau upacara adat, tentunya dengan didampingi lauk yang beragam.


Baca juga: IdeTumpeng Nuansa Merah Putih 17 Agustus 2023, Konsep yang Kreatif dan Menarik

Baca juga: Resep Tumpeng Merah Putih HUT Kemerdekaan RI ke 78, Tak Hanya Cantik Tapi Enak dan Lezat

Baca juga: Tes Ayam Wiring Kuning PSHT Buat Anggota Baru, Begini Makna dan Tujuannya yang Ternyata Dalam Banget

Tumpeng mempunyai makna kebersamaan , hal ini terbukti bahwa orang menyajikan tumpeng jika ada acara atau upacara yang disertai dengan makan bersama. Makan bersama untuk memohon keselamatan dapat dilakukan pada berbagai keperluan seperti:

  1. Menyongsong kehidupan, misalnya : Ebor-ebor, Janganan, Punaran, Tumpangan, Tingkeban, Bulus Angrem, dan Procotan.
  2. Menyambut berbagai peristiwa kehidupan misalnya : Brokohan, Sepasaran, Puputan, Salapanan, Tedhak siten, Sunatan, Tetesan, Pangur, Tindhik, Tarapan, Siraman, Midodareni, Akad nikah dan daup.
  3. Memperingati meninggalnya orang yang telah meninggal dunia , misalnya : Sur Tanah, Nelung Dina, Mitung Dina, Matang puluh Dina, Nyatus Dina, Mendhak Sepisan, Mendhak Pindo, Nyewu dan Kol -Kolan.
  4. Memulai kegiatan bersama , misalnya : Bersih Desa, Nyadran, Tndur, Labuh, ngalangi/ menangkap ikan, dan Nggarap Siti.
  5. Mengadakan kegiatan tertentu, MIsalnya : Sedekah Raja/Hajat Dalem , Siraman Pusaka, mendirikan rumah, menggali sumur, boyongan, memuliakan para Nabi dan Wali, Muludan serta keperluan pribadi yang lain nya.

Sumber:

UPDATE TERBARU