Wednesday 8th of May 2024

Suling Sunda Dimainkan Dengan Cara? Mudah Ternyata! Ikuti Panduan Mainnya disini Ya!

×

Suling Sunda Dimainkan Dengan Cara? Mudah Ternyata! Ikuti Panduan Mainnya disini Ya!

--

ASCOMAXX.com – Generasi anak jaman dulu pasti tidak asing lagi dengan alat musik suling. Karena pada zaman dulu banyak yang memainkan alat musik ini bersama teman. Walaupun alat musik ini cukup susah untuk dimainkan tapi tidak sedikit yang menyukainya. Dulu alat musik ini mudah didapatkan di toko mainan ataupun pedagang keliling.

Kini akan kami berikan informasi mengenai Suling Sunda Dimainkan Dengan Cara? Mudah Ternyata! Ikuti Panduannya disini Ya! yang akan kami bahas disini. Silahkan baca sampai selesai ya.


Indonesia sangatlah kaya dengan keragaman seni budaya tradisionalnya, tiap wilayah mempunyai seni tradisi yang berbeda beda, termasuk juga keragaman alat musik tradisional khas dan unik dipunyai tiap wilayah di Indonesia.

Baca juga: Pengaplikasian Structural Equation Modeling (SEM) di Segala Bidang, Psikologi hingga Pengukuran dalam Penelitian Ilmiah

Baca juga: 50+ Judul Skripsi Teknik Informatika yang Mudah dan Terbaru, Cocok Untuk Referensi Pengembangan!

Baca juga: Soal-soal Lomba Calistung Kelas 1 SD Tahun 2023, Dibagi Menjadi Dua Sesi Pertanyaan

Di Sunda alat musik suling atau suling sunda terbuat dari bambu. Dari jenis tangga-nada nya (bahasa baratnya scala) suling sunda mempunyai beberapa jenis tangga-nada, diantaranya, suling pelog degung, suling madenda atau sorog, suling salendro dan suling mandalungan.

Suling yang digolongkan kedalam alat musik harmonis sebagai pelengkap alat musik melodis, misalnya pada gitar, piano, biola, harmonika dan lainnya. Tujuannya yaitu agar musik yang dibawakan lebih berkelas serta berkualitas.

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian maju, suling pun beralih fungsi dari yang tadinya hanya sebagai alat musik pendukung musik melodis berubah menjadi alat musik utama atau instrumen primer

Sumber:

UPDATE TERBARU