Monday 13th of May 2024

Sejarah Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, Diawali dari Serangkaian Perjalanan Dakwah Buya Yahya

×

Sejarah Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, Diawali dari Serangkaian Perjalanan Dakwah Buya Yahya

--

Lokasi Pondok Pesantren Al Bahjah

Pondok Pesantren Al Bahjah sendiri berlokasi di Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179 Blok Gudang Air, Kecamatan Sumber, Cirebon. Telp: 085322905511, 082321009109.

Baca juga: Hari Baik Membangunan Rumah Menurut Islam Apakah Ada? Begini Penjelasan Lengkapnya


Baca juga: Sejarah Pondok Pesantren Al Inayah Jambi, Miliki Tujuan Agar Masyarakat Tebo Berpendidikan Islam Terbaik

Baca juga: Hukum Poligami Dalam Islam dan Negara, Khusus Buat yang Mampu-Mampu Aja dan Bisa Bersikap Adil

Sejarah Pondok Pesantren Al Bahjah

Awal mula berdirinya Al-bahjah berangkat dari niat Buya Yahya yang ingin memondokan putri beliau Zahro, yang mana pada waktu itu zahro berusia sekitar 9 thn. Ketika itu Buya Yahya meminta izin kepada guru beliau yaitu Habib Abdullah bin Muhammad Baharun yang berada di negri Yaman agar diperkenankan zahro untuk mondok di sana.

Namun, Habib Abdullah tidak mengijinkannya, melainkan beliau menyarankan kepada Buya yahya agar mendatangkan guru Al-Quran untuk mengajarkan Al-Qur’an.

Pada waktu itu Buya yahya langsung mencarikan Zahro teman untuk belajar dan menghafal Al Qur’an di Pesantren Al Bahjah. Teman-temannya tersebut ambilkan dari anak-anak dari orang-orang pondok yang yang punya putra-putri, lalu datanglah teman-teman zahro 5 orang yaitu laila, Nurul, Abdi, Abiyu, dan Mahda ke Pesantren Al Bahjah

Seiring berjalannya waktu lalu datanglah pengajar Tahfidz Al-quran yang mengajarkan anak-anak mengahafal Al-Qur’an. Dengan bertambahnya waktu, dari hari kehari, minggu ke minggu, bulan kebulan, dan tahun ketahun, Pesantren Al-Bahjah semakin dikenal luas oleh orang-orang mulai dari Cirebon sampai keluar kota bahkan sampai keluar negri.

Sumber:

UPDATE TERBARU