Thursday 18th of April 2024

Mengenal Pondok Pesantren Muhammadiyah Tertua di Indonesia, Telah Berdiri Lebih dari 1 Abad

×

Mengenal Pondok Pesantren Muhammadiyah Tertua di Indonesia, Telah Berdiri Lebih dari 1 Abad

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai daftar pondok pesantren Muhammadiyah tertua di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentinngnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Rekomendasi Pondok Pesantren Muhammadiyah Favorit di Indonesia, Unggul dan Memiliki Segudang Prestasi

Baca juga: Pondok Pesantren Darut Tasbih Tangerang, Miliki Program Untuk Bantu Orang Depresi

Baca juga: 7+ Pondok Pesantren Untuk Orang Depresi di Indonesia, Siap Bantu Santri dengan Gangguan Mental

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pondok Pesantren Muhammadiyah Tertua di Indonesia

Indonesia memiliki banyak pondok pesantren yang tersebar di berbagai kota. Nah, pondok pesantren di Indonesia juga memiliki banyak aliran, salah satunya adalah Muhammadiyah.

Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang berpatokan pada Al-hadist dan Al-qur'an. Secara Umum arti Muhammadiyah adalah umatnya nabi Muhammad. Tujuan Muhammadiyah sendiri yaitu menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU