Sunday 19th of May 2024

Tak Sama! Perbedaan Bakteri Nitrosomonas dan Nitrobacter, Pertumbuhan hingga Kecepatan Reaksinya Berbeda

×

Tak Sama! Perbedaan Bakteri Nitrosomonas dan Nitrobacter, Pertumbuhan hingga Kecepatan Reaksinya Berbeda

--

Nitrobacter: Transformasi Nitrit Menjadi Nitrat

Setelah nitrit dihasilkan oleh Nitrosomonas, tahap selanjutnya dari nitrifikasi melibatkan bakteri Nitrobacter. Nitrobacter adalah jenis bakteri yang mampu mengoksidasi nitrit (NO2-) menjadi senyawa nitrat (NO3-). Proses ini dikenal sebagai "oksidasi nitrit." Nitrat adalah bentuk nitrogen yang lebih stabil dan lebih mudah diserap oleh tumbuhan daripada ammonia atau nitrit.

Nitrat yang dihasilkan oleh Nitrobacter akan masuk ke dalam rantai makanan melalui tumbuhan. Tumbuhan menggunakan nitrat sebagai sumber nitrogen untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Ketika hewan memakan tumbuhan atau hewan lain yang telah mengonsumsi tumbuhan, nitrogen akan terus bergerak melalui rantai makanan.

Perbedaan Nitrosomonas dan Nitrobacter


Berikut adalah beberapa perbedaan antara Nitrosomonas dan Nitrobacter:

1. Peran dalam Siklus Nitrogen:

Nitrosomonas: Nitrosomonas terlibat dalam tahap pertama nitrifikasi, yaitu mengoksidasi ammonia menjadi nitrit. Bakteri ini membantu mengubah ammonia yang dihasilkan oleh makhluk hidup menjadi nitrit, yang merupakan langkah penting dalam memindahkan nitrogen dari bentuk yang toksik (ammonia) menjadi bentuk yang lebih aman (nitrat) dalam lingkungan.

Baca juga: Apa Perbedaan Majmu Syarif Merah dan Hijau? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Baca juga: PENTING! Perbedaan Celana Levi's 501 Asli Vs Palsu, Bisa Dilihat dari Resletingnya Aja!

Baca juga: Perbedaan Baterai AA dengan Baterai AAA, Sering Dikira Sama Ternyata Beda Banget!

Nitrobacter: Nitrobacter terlibat dalam tahap kedua nitrifikasi, yaitu mengoksidasi nitrit menjadi nitrat. Bakteri ini melanjutkan proses yang dimulai oleh Nitrosomonas dan membantu mengubah nitrit, yang masih relatif beracun, menjadi bentuk nitrogen yang lebih stabil dan mudah tersedia bagi tumbuhan (nitrat).

Sumber:

UPDATE TERBARU