Monday 6th of May 2024

Inovasi Bensin Sawit Ron 110, Solusi Alternatif Pengganti BBM yang Hemat dan Efisien

×

Inovasi Bensin Sawit Ron 110, Solusi Alternatif Pengganti BBM yang Hemat dan Efisien

--

Inovasi Bensin Sawit Ron 110

Sebelumnya, inovasi mengenai bensin sawit sudah sempat diperkenalkan di Pekan Riset Sawit Indonesia (Perisai) di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dalam risetnya, banyak sekali keunggulan yang dimilikinya salah satunya bisa lebih hemat dan efisien bagi kendaraan konvensional.

Bensin sawit memiliki RON 110-112 memiliki angka yang jelas sangatlah tinggi dibanding dengan RON bahan bakar pada umumnya sekitar RON 90-98. Riset tim ITB juga sudah pernah berhasil tembus melakukan test drive menggunakan motor berbahan bakar bensa atau bensin sawit. Hasilnya, motor tanpa mengalami kerusakan meski berjalan sejauh 2.000 km, yakni dari Bogor ke Medan.


"Sawit ternyata mampu mengantarkan 2.000 km dan Alhamdulillah (motor) tidak rusak. Kita sudah membuktikan bahwa sawit ini membawa kita lebih bahagia," kata anggota tim riset ITB-Kemurgi Indonesia, Muhammad Ferian pada Oktober 2022 lalu.

Sementara itu, eks Menteri BUMN Dahlan Iskan pernah mengomentari terkait kemunculan bensin sawit ini. Dahlan Iskan mengatakan kelebihan bensa dari bensin lainnya ada di segi RON-nya. RON bensin yang kita kenal adalah 93 atau di bawah itu, sedangkan RON bensa dari IVO bisa sampai 112.

Baca juga: Kekuatan Wowon CS Dengan Kesaktian Menggandakan Uang, Warga: Dapat Sembuhkan Serangan Bisa Ular!

Baca juga: Profil Pesantren Al Berr Pandaan Pasuruan Jawa Timur, Cek Alamat, Kontak, dan Fasilitasnya

Baca juga: Baca Manhwa From Dreams to Freedom Chapter 74 Bahasa Indonesia, Siyoon yang Cemburu dengan Kehadiran Juhyeok

Demikianlah informasi mengenai informasi tentang adanya inovasi bensa dengan RON 110. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Sumber:

UPDATE TERBARU