Sunday 19th of May 2024

Materi Dimensi Tiga Matematika: Pengertian, Jenis, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

×

Materi Dimensi Tiga Matematika: Pengertian, Jenis, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

--

Contoh Soal Dimensi Tiga

Terdapat sebuah kubus ABCD.EFGH yang memiliki rusuk yang panjangnya 16cm. Apabila garis CG memiliki titik tengah dan dinamakan sebagai titik M. Maka berapakah jarak pada titik M kegaris HB ?

Baca juga: Materi Program Linear: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan


Baca juga: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2023/2024 Berikut Pembahasannya Materi Bangun Ruang

Jawaban:

Jika kita menghubungkan setiap titik yang ingin kita tentukan dengan garis, kita dapat membentuk gambar seperti yang ditunjukkan di atas. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari nilai MB dalam segitiga MCB tersebut.

Untuk menemukan nilai MB, kita dapat menggunakan rumus Pythagoras seperti yang dinyatakan di bawah ini:

Pada gambar kubus diatas itu garis HB yakni diagonal dari kubus yang rumusnya s√3.

Panjang HB dalam konstelasi Kaprikornus adalah 16√3 cm, yang mengakibatkan panjang OB menjadi 8√3 cm. Selanjutnya, tahap berikutnya adalah untuk menentukan panjang garis MO setelah kita mengetahui panjang garis MB.

Prosedur untuk menghitung panjang MO melibatkan penerapan prinsip teorema Pythagoras, seperti yang diuraikan di bawah ini:

Jadi kaprikornus pada jarak titik M kegaris HB yaitu 8√2cm.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai materi dimensi tiga matematika yang penting diketahui untuk para murid sekolah menengah. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar. 

Sumber:

UPDATE TERBARU