Sunday 19th of May 2024

Perbedaan Siswa dan Warga PSHT yang Wajib Kamu Tahu, Punya Tujuan dan Misi yang Sangat Berbeda

×

Perbedaan Siswa dan Warga PSHT yang Wajib Kamu Tahu, Punya Tujuan dan Misi yang Sangat Berbeda

--

ASCOMAXX.com – Ternyata siswa dan warga PSHT itu berbeda loh! Berikut ini adalah informasi mengenai perbedaan siswa dan warga PSHT yang wajib kamu tahu. Yuk simak di sini updatenya! 

Persaudaraan Setia Hati Terate (Setia Hati Terate atau SH Terate) merupakan sebuah organisasi olahraga yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 silam. Organisasi tersebut kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun.


Indonesia memiliki banyak sekali cabang olahraga salah satunya adalah pencak silat. Diketahui pula jika pencak silat sendiri memiliki berbagai cabang organisasi yang ternama di kalangan masyarakat, termasuk PSHT.

Baca juga: Berapa Lama Latihan Privat PSHT? Berikut Ini Jadwal Per Periode Untuk Setiap Sabuk

Baca juga: Nama Ayam Untuk Pengesahan PSHT Adalah? Dilengkapi dengan Cara Memilihnya

Baca juga: 10+ Kata Kata Mutiara Bijak Pesilat PSHT, Bisa di Jadikan Sebagai Pembelajaran Hidup!

Dalam mendidik siswa menjadi seorang pendekar, PSHT selalu mengadakan tes kenaikan sabuk per 3 bulan yang menandakan kenaikan jenjang setiap latihannya. Beberapa tahap yang dilalui para siswa yaitu diantara tahap mengikuti latihan sabuk polos, sabuk jambon, sabuk hijau dan terakhir sabuk putih kecil.

Untuk menjadi anggota Setia Hati Terate, seseorang harus menjalankan latihan fisik dan juga penggemblengan mental spiritual minimal 2 tahun Latihan selama 2 tahun itu dibagi menjadi 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan ditempuh selama 6 bulan latihan.

4 Tingkatan Kenaikan Sabuk Siswa PSHT

Siswa Polos

Latihan pada tingkatan ini adalah pengenalan tentang Setia Hati dan Setia Hati Terate, pengenalan gerak dan gerakan yang ada di SH terate dan beberapa Senam dan Jurus Setia Hati Terate. Maksimal Gerak dan Gerakan tangan dan kaki termasuk Senam dan Jurus yang diajarkan pada tingkatan ini adalah 1-2 Pukulan, Tendangan dan Pertahanan, Senam ke-30 dan Jurus ke-6.

Arti sabuk polos/hitam Sabuk polos atau hitam secara mendasar mengandung arti bahwa siswa yg berada di tingkat polos adalah siswa yg buta atau tidak mengetahui dengan baik organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. 

Sumber:

UPDATE TERBARU