Sunday 2nd of June 2024

Mengenal Kasbon Karyawan Berikut Pengertian, Kegunaan dan Manfaat, Besaran, Serta Cara Pengajuan yang Wajib Kamu Catat

×

Mengenal Kasbon Karyawan Berikut Pengertian, Kegunaan dan Manfaat, Besaran, Serta Cara Pengajuan yang Wajib Kamu Catat

--

Pengertian Kasbon

Sebagai informasi Kasbon sendiri merupakan pinjaman tunai yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Umumnya, perusahaan memiliki lembaga khusus, seperti koperasi, yang memberikan pinjaman tunai kepada karyawannya. Karyawan mengajukan dana kredit sesuai kebutuhan. Setiap perusahaan dapat menetapkan aturan besaran pinjaman dari karyawan.

Pembayaran kasbon umumnya dilakukan dengan cara pemotongan gaji karyawan setiap bulannya. Pun kasbon ini tanpa membebani karyawan karena karyawan hanya perlu membayar hutangnya sesuai dengan jumlah pinjaman awal. Tidak ada bunga di dalamnya.

Keuntungan Kasbon


Bebas Bunga

Salah satu keunggulan Kasbon adalah pinjamannya bebas bunga. Oleh karena itu, kasbon berbeda dengan meminjam uang dari bank atau fintech berbunga.

Bisa Untuk Kebutuhan Mendesak

Keunggulan lain dari Kasbon adalah kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. Sehingga Kasbon dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak karyawan.

Bayar Dengan Potong Gaji

Cara pembayaran kasbon ini nantinya menggunakan potongan gaji karyawan. Kasbon ditalangi terlebih dahulu oleh perusahaan ketika seorang karyawan mengajukan pinjaman.

Baca juga: Teknik dan Cara Menggambar Gradasi Langit Malam dengan Crayon, Ikuti Langkahnya Supaya Hasil Cantik!

Baca juga: Falsafah PSHT yang Jadi Pegangan Para Anggota, Sudahkah Kamu Menerapkannya?

Baca juga: Lirik dan Chord Nanti Pasti Ko Mengerti Viral Dari BLG Rap - Nan Ko Paham Chord Lagu yang Cocok Buat Ngegalau

Manfaat Kasbon

1. Karyawan

Karyawan dapat menerima dana darurat dengan cepat dan tanpa syarat yang rumit. Keuntungan dari kasbon ini adalah tidak ada bunga karena perusahaan tidak mendapatkan keuntungan.

Pinjaman tunai biasanya dipotong dari gaji karyawan. Keuntungan lainnya adalah karyawan menerima pinjaman dari sumber terpercaya dan tidak curang.

2. Bisnis

Bisnis dapat membuktikan kualitas karyawan mereka serta konsumen mereka. Kasbon dapat meningkatkan kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan. Perusahaan telah mendapatkan loyalitas dan kepercayaan dari karyawan yang didukung oleh pinjaman tunai.

Nah, jadi itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini untuk kamu yang membahasa mengenai kasbon karyawan yang wajib kamu ketahui. Semoga bisa membantu, ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU