Saturday 18th of May 2024

Kumpulan Ayat Al Qur'an tentang Berharap Pada Manusia, Tulisan Arab dan Terjemahnya

×

Kumpulan Ayat Al Qur'an tentang Berharap Pada Manusia, Tulisan Arab dan Terjemahnya

--

4. Al Ankabut: 41

مَثَلُ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَوْلِيَاۤءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوْتِۚ اِتَّخَذَتْ بَيْتًاۗ وَاِنَّ اَوْهَنَ الْبُيُوْتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوْتِۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ
 
Artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.”

Firman Allah memberikan panduan dan penjelasan mengenai bagaimana seharusnya manusia berharap kepada sesama manusia dengan niat yang baik, tetapi juga mengajarkan untuk selalu mengandalkan Allah sebagai sumber harapan utama.

Mengandalkan Manusia dengan Niat yang Baik


Firman Allah menyatakan dalam Al-Qur'an bahwa manusia diciptakan sebagai khalifah di bumi (Surah Al-Baqarah, 2:30). Artinya, manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengelola bumi ini. Dalam menjalankan tanggung jawab ini, Allah mengajarkan agar manusia bekerja sama dan saling membantu. Dalam berharap kepada manusia, Islam menekankan pentingnya niat yang tulus dan tindakan yang benar. Sebagai contoh, dalam hadis Nabi Muhammad ﷺ, beliau bersabda bahwa "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain."

Baca juga: Inilah Waktu Yang Tepat Membaca Asmaul Husna Menurut Ustadz Adi Hidayat dan Penjelasan Singkatnya

Baca juga: Cara Mengamalkan Surat Al An'am Ayat 103 Agar Hajat Segera Terkabul

Baca juga: Kandungan Surat Al An'am Ayat 103 dan Manfaatnya Untuk Diamalkan Umat Muslim

Harapan kepada Allah sebagai Sumber Utama

Meskipun berharap kepada sesama manusia adalah hal yang dianjurkan, Islam mengajarkan bahwa Allah adalah sumber utama dari segala harapan. Manusia dapat berusaha dan bekerja keras, tetapi hasil akhirnya ada di tangan Allah. Firman Allah dalam Al-Qur'an mengingatkan bahwa Dia adalah pemegang kendali mutlak atas segala hal (Surah Al-Mulk, 67:2). Oleh karena itu, walaupun manusia memiliki usaha dan upaya, harapan sejati haruslah ditempatkan pada Allah.

Editor: Anis Ulfa
TAG: #firman allah #jangan berharap pada manusia #berharap kepada allah #kumpulan ayat alquran
Sumber:

UPDATE TERBARU