Monday 20th of May 2024

Cara Cek Darah HB di Puskesmas Pakai BPJS, Sangat Disarankan Guna Memantau Kondisi Kesehatan 

×

Cara Cek Darah HB di Puskesmas Pakai BPJS, Sangat Disarankan Guna Memantau Kondisi Kesehatan 

--

Mengenal Hemoglobin (HB)

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah. Dalam kadar yang normal, hemoglobin memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Ini membuat adar normal hemoglobin perlu selalu dijaga.

Tak hanya memberi warna, hemoglobin juga berfungsi untuk membantu sel darah merah mendapatkan bentuk alaminya, yaitu bulat dengan bagian tengah yang lebih pipih. Dengan bentuk seperti ini, sel darah merah dapat dengan mudah bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah.


Nilai normal kadar hemoglobin di dalam tubuh seseorang ditentukan berdasarkan jenis kelamin dan usianya. Kadar hemoglobin normal pada wanita dewasa berkisar antara 12–15 g/dL, sedangkan kadar hemoglobin pada pria dewasa berkisar antara 13–17 g/dL.

Tujuan Cek Darah

1. Mendiagnosis penyakit 

Cek darah bisa membantu dokter dalam mendiagnosis berbagai penyakit. Analisis komponen darah seperti jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit dapat memberikan petunjuk mengenai penyakit tertentu.

3. Memantau kondisi kesehatan 

Pemeriksaan ini juga bisa untuk memantau fungsi organ penting seperti hati, ginjal, dan tiroid. Dengan memantau kondisi kesehatan secara teratur, dokter dapat mendeteksi perubahan yang mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut.

3. Evaluasi kesehatan umum 

Beberapa tes darah melibatkan pengukuran tingkat kolesterol, trigliserida, atau faktor pembekuan darah. Hasil tes ini dapat membantu menilai risiko penyakit jantung, stroke, atau gangguan pembekuan darah. Tes darah juga dapat mengungkapkan adanya peradangan atau gangguan sistemik lainnya yang mungkin tidak terlihat dari gejala fisik.

4. Mengetahui efektivitas pengobatan 

Cek darah juga bermanfaat untuk memantau efektivitas pengobatan. Misalnya, pada pasien yang menjalani kemoterapi, pemeriksaan tersebut bisa membantu memeriksa tingkat sel darah putih mereka dan memastikan bahwa terapi tersebut bekerja dengan baik.

5. Mendeteksi dini penyakit 

Tes darah juga berperan penting dalam pendeteksian dini penyakit serius. Beberapa jenis kanker atau penyakit lain dapat kamu deteksi melalui pemeriksaan ini. Dengan begitu, peluang penyakit untuk disembuhkan lebih besar.

Baca juga: Cara Mengaktifkan BPJS Darurat, Langsung Bisa Digunakan: Registrasi Hari Via Online Lewat WhatsApp dan Mobile JKN

Baca juga: Rekomendasi SPA Banjarmasin Plus Hiburan Terbaik, Miliki Terapis Cantik dan Pelayanan Paling Oke

Baca juga: Prosedur dan Syarat Cek Gula Darah di Puskesmas, Perhatikan dan Lengkapi Datanya Berikut Ini!

Cara Cek Darah HB di Puskesmas

  1. Pasien datang langsung mendaftarkan diri di Loket pendaftaran.
  2. Pasien pergi ke Poli yang dikehendaki.
  3. Apabila hasil pemeriksaan di Poli menunjukkan indikasi yang perlu dilakukan pemeriksaan Laboratorium, petugas poli akan merekomendasikan untuk melanjutkan pemeriksaan di laboratorium.
  4. Petugas laboraturium melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan yang diminta dokter / petugas poli.
  5. Petugas mencatat hasil di buku register dan lembar hasil. Hasil diserahkan kepada pasien untuk kembali menuju poli yang merujuk untuk mendapatkan penjelasan.
  6. Untuk pasien umum di kenakan tarif sesuai perda dan membayarnya pada petugas laboratorium yang di sertai kwitansi.

Harga cek darah lengkap di Indonesia sebenarnya bisa berbeda-beda, tergantung rumah sakit atau laboratorium klinis yang kamu pilih. Namun, untuk melakukan pemeriksaan ini, biasanya kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp 90.000 hingga Rp 200.000 lebih.

Nah bagi pengguna BPJS, pemeriksaan sifilis di puskesmas maupun rumah sakit gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Penyedia layanan BPJS hanya ada di puskesmas dan rumah sakit negeri. Karena itu, pembiayaan pemeriksaan sifilis di rumah sakit swasta jauh lebih mahal.

Demikianlah informasi mengenai cara cek darah hb di puskesmas pakai bpjsyang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu.

Sumber:

UPDATE TERBARU