Saturday 18th of May 2024

Mengenal Dynabolt yang Kerap Digunakan Dalam Konstruksi: Fungsi, Bagian-Bagian, Jenis, Harga, dan Cara Pemasangan

×

Mengenal Dynabolt yang Kerap Digunakan Dalam Konstruksi: Fungsi, Bagian-Bagian, Jenis, Harga, dan Cara Pemasangan

--

ASCOMAXX.com – Konstruksi merupakan hal yang paling krusial dalam mendirikan bangunan. Tak heran ada banyak hal yang harus diperhatikan termasuk juga material. Saat merencanakan konstruksi bangunan tertentu, akan ada berbagai komponen penting yang wajib ada dalam perencanaan. Salah satu komponen penting yang wajib ada dalam perencanaan bernama dynabolt. Berikut ini pembahasannya.

Dynabolt adalah suatu komponen untuk konstruksi yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa objek yang terdapat di suatu bangunan. Misalnya adalah untuk menguatkan objek yang ada di batu, beton, maupun material yang lainnya.


Baca juga: Daftar Harga Jasa Bore Pile Jakarta Layani Pembangunan Gedung Tinggi, Jembatan, Dermaga, Tanggul, dan Struktur Lainnya

Baca juga: Mengenal Kolom Praktis Bangunan: Pengertian, Fungsi, Ukuran dan Jarak

Baca juga: Contoh Surat Permohonan Penambahan Daya Listrik ke PLN Untuk Berbagai Bangunan

Dynabolt sendiri juga dikenal dengan anchor bolt atau baut tanam. Secara sekilas, bentuk fisik baut ini memang seperti mur serta baut biasa. Tapi sebenarnya fungsi dynabolt ini sangat berbeda dari jenis baut yang lain. Gunanya adalah menyatukan beton dengan elemen non struktural dan struktural.

Bagian-Bagian Dynabolt

1. Baut Ulir

Ujungnya membentuk kerucut yang berfungsi untuk mengembangkan selongsong besi. Baut ulir ini akan digunakan untuk mengencangkan dinabolt ke dalam dinding.

2. Selongsong

Selongsong memiliki fungsi untuk mencengkam dengan dinding bata/beton. Pada selongsong, terdapat gerigi yang digunakan untuk memperkuat cengkraman dinabolt ke dalam dinding. Selongsong akan terpasang di dalam dinding dan menjadi tempat baut ulir masuk.

Sumber:

UPDATE TERBARU