Tuesday 18th of June 2024

Sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor, Berawal Untuk Mengembalikan Kesadaran Masyarakat Sekitar

×

Sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor, Berawal Untuk Mengembalikan Kesadaran Masyarakat Sekitar

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang, Nongkrong Cantik dengan Spot Foto Estetik

Baca juga: Cara Masuk Pondok Pesantren Gontor: Biaya, Syarat dan Ketentuan, Ujian, Serta Lokasi Pendaftaran

Baca juga: Apa Aliran Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan? Berikut Penjelasan Terkait Ideologinya

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Pondok Modern Darussalam Gontor

Pondok Modern Darussalam Gontor terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Pondok pesantren ini mengklaim sebagai lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi kemasyarakatan apapun.

Sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor

Dilansir dari berbagai sumber, pada abad ke-19 Masehi, Pesantren Tegalsari dipimpin Kyai Chalifah, anak keenam Kyai Hasan Besari. Saat itu, ada santri yang alim dan pandai bernama Sulaiman Jamaluddin yang berasal dari Cirebon.

Sumber:

UPDATE TERBARU