Tuesday 21st of May 2024

Lokasi Ziarah Wali di Jawa Tengah Lengkap Dengan Alamat dan Jam Buka-Tutupnya, Wisata Religi yang Tak Pernah Sepi

×

Lokasi Ziarah Wali di Jawa Tengah Lengkap Dengan Alamat dan Jam Buka-Tutupnya, Wisata Religi yang Tak Pernah Sepi

--

Terdapat tiga makam wali songo di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi untuk ziarah sekaligus wisata religi. Sebelum mengetahui lokasi makam wali songo di Jawa Tengah, ketahui terlebih dahulu beberapa informasi pentingnya. 

Di antara sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Indonesia, kamu bisa menemukan tiga makam wali songo di Jawa Tengah. Adapun makam wali songo di Jawa Tengah yaitu makam Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Kalijaga. 


Baca juga: 5 Lokasi Ziarah Wali Limo di Jawa Timur, Ada Makam Sunan Ampel Sampai Sunan Bonang yang Buka 24 Jam Secara GRATIS

Baca juga: Cara Main Estafet Air, Jadi Lomba Populer Untuk Agustusan Demi Uji Kekompakan

Baca juga: Mengenal Estafet Air, Salah Satu Lomba Atur Kekompakan dan Kerja Sama Tim

3 Rute Ziarah Wali Jawa Tengah

1. Makam Sunan Kudus 

Sunan Kudus memiliki nama asli Ja’far Shadiq serta diberi gelar Wali Al-ilmi dengan arti orang yang berilmu luas. Sunan Kudus merupakan putra dari Sunan Ngudung (saudara kandung Sunan Ampel). Sunan Kudus menyebarkan agama Islam melalui pendekatan seni.

Letak makam Sunan Kudus tepat berada di tengah bagian induk bangunan yang berbentuk joglo. Tepatnya di belakang bangunan utama Masjid Menara Kudus. Walaupun makam ditutup kelambu, kamu masih bisa berziarah serta mengambil beberapa foto di sekitarnya. Adapun jam buka makam Sunan Kudus yaitu pukul 06.00-21.00.

2. Makam Sunan Kalijaga 

Sunan Kalijaga mulai menyebarkan agama Islam di Desa Kalijaga Cirebon, Pamanukan, hingga Indramayu. Cara dakwah Sunan Kalijaga pun melalui pendekatan seni dan budaya seperti melalui nyanyian, gamelan, dan wayang.

Lokasi makam Sunan Kalijaga berada di kompleks pemakaman Desa Ngadilangu. Tak susah untuk menemukannya karena makam ini dipagari oleh dinding lengkap dengan pintu gerbang makam. Untuk jadwalnya, area cungkup makam Sunan Kalijaga dibuka setiap Jumat dengan kalender Jawa tertentu, seperti pada pon, kliwon, dan pahing pukul 08.00-17.00. Makam Sunan Kalijaga juga buka saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

3. Makam Sunan Muria

Sunan Muria yang memiliki nama asli Raden Umar Said merupakan putra dari Sunan Kalijaga dengan Dewi Saroh. Sunan Muria dikenal dengan wali songo yang memiliki fisik kuat karena ia mendirikan masjid sekaligus pesantren di puncak gunung. Sunan Muria dikenal menyebarkan agama Islam di kalangan pedagang, nelayan, dan pelaut.

Untuk mencapai lokasi makam Sunan Muria, kamu bisa menuju Masjid Sunan Muria yang berjarak sekitar 20 km dari Masjid Kudus. Sesampainya di halaman parkir, kamu masih harus menaiki sekitar 400 anak tangga untuk tiba di makam atau menggunakan jasa ojek agar tidak kelelahan.

Sekian informasi mengenaialamat 3 lokasi ziarah wali di Jawa Tengah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

UPDATE TERBARU