Wednesday 24th of April 2024

Sejarah Pondok Pesantren Mathali'ul Falah Kajen Pati, Mempersiapkan Kader-Kader Islam

×

Sejarah Pondok Pesantren Mathali'ul Falah Kajen Pati, Mempersiapkan Kader-Kader Islam

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Pondok Pesantren Mathali'ul Falah Kajen Pati yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Pondok Pesantren Mathali'ul Falah Kajen Pati: Profil, Alamat, dan Jenjang Pendidikan Perguruan

Baca juga: Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Ihya As-Sunnah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024

Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Al Kahfi Bogor Tahun Ajaran 2023/2024 Untuk Semua Jenjang

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Mathali'ul Falah Kajen

Melansir dari berbagai sumber, nama lengkap pesantren ini adalah Peguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) atau yang lebih terkenal disebut dengan Mathole’. Didirikan pada tahun 1912, oleh sebab itu tergolong tertua di Indonesia dan sangat berpengalaman.

Secara karakteristik, pondok pesantren ini adalah salafiyah, di mana pendidikan Islam mendapatkan porsi hingga 70%, sedangkan yang lainnya adalah 30%. Inilah yang menjadi daya tarik utama Mathole’.

Sumber:

UPDATE TERBARU