Friday 17th of May 2024

Deklamasi Puisi adalah: Cara Membaca Puisi Tanpa Teks, Begini Cara Melakukannya Dengan Mudah dan Cepat

×

Deklamasi Puisi adalah: Cara Membaca Puisi Tanpa Teks, Begini Cara Melakukannya Dengan Mudah dan Cepat

--

ASCOMAXX.com - Pernahkah kamu dengar tentang deklamasi? Berikut ini adalah informasi mengenai deklamasi puisi langsung saja simak yuk informasi lengkapnya yang bisa kalian gunakan untuk latihan. 

Indonesia terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º B. Selain itu, daratannya sangat luas yakni 1.922.570 km2. Berkat berada di garis lintang tersebut, bumi pertiwi berada di garis khatulistiwa.


Negara ini memiliki perairan dengan luas 3.257.483 km2 dengan pulau sebanyak 17.504 yang mana 6000 pulaunya tidak berpenghuni. Letak geografis Indonesia membuat negara ini mempunyai 3 waktu yang berbeda dan budaya yang beragam.

Baca juga: Hukum Bacaan Tajwid: Pengertian, Hukum Bacaan, dan Contoh

Baca juga: Bacaan Sholawat Munjiyat Meminta Kekayaan (Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Baca juga: Bacaan Alhamdulillah Wa Syukurillah (Arab, Tulisan Latin, dan Terjemahannya)

Banyak orang yang suka menuliskan puisi. Puisi sendiri merupakan ragam sastra yang memiliki makna mendalam. Berdasarkan KBBI, puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga dikenal sebagai seni tertulis yang isinya merupakan ungkapan pikiran, perasaan, mengandung pesan, dan bahasanya indah.

Puisi bisa ditulis untuk siapa saja, untuk teman, ayah ibu, keluarga, sahabat, guru, dan lain sebagainya. Kali ini kami akan berfokus contoh puisi dengan tema mengenai tunas muda. 

Dalam membaca sebuah puisi, agar penonton terbawa oleh suasana, biasanya penyair puisi menggunakan majas atau bahasa figuratif. Cara lain dalam membaca puisi, salah satunya adalah deklamasi. Istilah yang satu ini masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Cek pembahasan selengkapnya yang akan kami kupas di slide selanjutnya!>>>

Sumber:

UPDATE TERBARU