Thursday 2nd of May 2024

Pengertian Deret Fourier Beserta Pembahasan Rumus Lengkapnya

×

Pengertian Deret Fourier Beserta Pembahasan Rumus Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com - Deret Fourir diajarkan dalam matematika perkuliahan untuk menilai suatu kejadian fisis. Jika kalian masih belum memahami materi ini, berikut akan kami bagikan mengenai Deret Fourier yang bisa kalian pelajari dibahwah ini.

Matematika merupakan bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).


Dalam aktivitas sehari-hari, kita sering terlibat dalam berbagai kegiatan yang melibatkan fungsi yang berulang, seperti dalam pengukuran gelombang, fenomena kelistrikan, serta bunyi dan elemen lainnya.

Dalam ranah matematika, pemahaman tentang fungsi berulang menjadi penting ketika kita membahas mengenai sinus dan kosinus. Untuk mendalami topik ini, dalam tulisan ini kita akan mengeksplorasi fungsi berulang yang memiliki sifat sinus dan kosinus.

Baca juga: Materi Penurunan Tekanan Uap: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

Baca juga: Materi Titik Didih dan Titik Beku: Pengertian dan Rumus

Baca juga: Contoh Jaring-Jaring Bola Dari Karton Untuk Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang

Fungsi yang menunjukkan sifat berulang ini juga dikenal sebagai deret Fourier. Sebuah fungsi f(x) dikategorikan sebagai periodik dengan periode P jika untuk setiap nilai x berlaku:

f(x+P) = f(x)

Dimana P merupakan suatu konstanta positif. Nilai terkecil dari P yang lebih besar dari nol disebut sebagai periode terkecil atau juga dikenal sebagai periode f(x).

Contoh Deret Fourier

- Fungsi sin x mempunyai periode 2π, 4π, 6π,…karena sin (x+2π) = sin (x+4π)= sin (x+6π)  =…=sin x

- Periode dari sin nx atau cos nx: dengan n bilangan bulat positif adalah 2π/n

- Periode dari tan x adalah π

- Fungsi konstan mempunyai periode sembarang bilangan positif

Sumber:

UPDATE TERBARU