Friday 17th of May 2024

Contoh Momentum dan Impuls Dalam Kehidupan Sehari Hari yang Penting Banget Buat Keselamatan Manusia Dalam Beraktivitas

×

Contoh Momentum dan Impuls Dalam Kehidupan Sehari Hari yang Penting Banget Buat Keselamatan Manusia Dalam Beraktivitas

--

Momentum dan impuls sama-sama terkait dengan massa dan kecepatan benda, dan keduanya memiliki peran penting dalam memahami bagaimana benda bergerak dan berinteraksi dengan lingkungannya.

Salah satu keterkaitan antara momentum dan impuls adalah bahwa keduanya memiliki besaran yang sama, yaitu kilogram meter per detik (kg·m/s). Hal ini menunjukkan bahwa momentum dan impuls dapat di anggap sebagai ukuran yang sama dari perubahan gerak benda.

Hukum kekekalan momentum dan impuls 


Hukum kekekalan momentum menyatakan bahwa momentum total sistem tertutup tetap konstan selama tidak ada gaya eksternal yang bekerja pada sistem. Sedangkan, hukum impuls-gerak menyatakan bahwa impuls yang di terapkan pada suatu benda sama dengan perubahan momentum benda tersebut.

Karena hukum kekekalan momentum berlaku, momentum total kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan harus tetap sama, meskipun momentum individu masing-masing benda mungkin berubah.

Baca juga: 4 Jenis Gaya Rambut Dua Jari Gantung (Undercut), Tampilan Jadi Lebih Keren!

Baca juga: Model Rumah Kotak Gaya Jepang Modern, Terlihat Nyaman dan Asri Bikin Betah di Rumah!

Baca juga: Variasi Gaya French Crop yang Keren Banget, Makin Kece dan Lebih Fresh!

Contoh Momentum dan Impuls Dalam Kehidupan Sehari Hari

1. Sepakbola

Ketika seorang pemain sepak bola menendang bola secara tiba-tiba dengan paksa, bola tersebut akan melepaskan tembakan. Saat bola diam, kecepatannya nol. Perubahan momentum yang tiba-tiba ini mengarah pada pembentukan gaya impulsif. Gaya impulsif membantu bola melakukan perjalanan jarak jauh dalam durasi waktu yang singkat.

2. Golf

Saat bola golf dipukul oleh pemain, ia menerima perubahan momentum secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan waktu reaksi yang singkat dan perkembangan gaya impuls yang besar.

3. Tenis

Saat bola tenis mengenai raket, ia disuplai dengan magnitude tinggi dan gaya durasi pendek yang membantu mengubah arah gerakan bola. Gaya, yang diberikan oleh pemain, yang bekerja pada bola adalah gaya impuls.

4. Bela Diri

Ketika seorang ahli bela diri bermaksud untuk memecahkan benda keras seperti batu bata atau papan kayu, dll dengan menggunakan tangannya, dia akan menggerakkan tangannya dengan cepat dan mengenai benda tersebut dengan kecepatan yang lebih cepat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU