Sunday 19th of May 2024

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 207 Terlengkap, Cek Pembahasan Disini!

×

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 207 Terlengkap, Cek Pembahasan Disini!

--

c. Alur :
- Perkenalan = terjadi saat Pangeran berada di taman istana dan kedatangan seorang pengembara.
- Konflik (awal permasalahan) = dimulai ketika Pangeran kebingungan mencari calon istri yang sempurna baginya.
- Klimaks (puncak masalah) = saat pengembara bertanya pada seorang nelayan, kenapa dia memilih istri yang bertubuh pendek.
- Antiklimaks (awal penyelesaian) = saat nelayan menjelaskan kenapa dia memilih istri pendek, kenapa petani memilih istri gendut, dan kenapa pelayan memilih istri cerewet.
- Penyelesaian = tahap ini Pangeran sadar kesalahannya dan ternyata pengembara tersebut adalah Putri Rosa dari negara tetangga.

Baca juga: Link Download Soal Produksi Optimal Ekonomi Terbaru Lengkap Dengan Kunci Jawabannya


Baca juga: Download Contoh Soal Elastisitas Format Word/PDF GRATIS, Dilengkapi dengan Kunci Jawaban

Baca juga: Kumpulan Soal Bahasa Jawa Kelas 7 SMP/MTS Semester 2, Dilengkapi Kunci Jawabannya!

d. Penokohan :

- Berdasarkan sisi keterlibatan = Pangeran (tokoh utama sentral), Putri Rosa (tokoh bawahan), sepasang suami istri nelayan, petani, pelayan (tokoh pembantu).
- Berdasarkan watak atau sifat = Pangeran (antagonis), Putri Rosa (protagonis). Pangeran mudah terpengaruh, kurang bisa menghargai, egois. Sedangkan Putri Rosa, seorang yang baik, sabar, dan peduli.

e. Dialog :

- Orientasi = bagian awal cerita atau pengenalan situasi. Terjadi saat Pangeran ingin menemukan istri yang sempurna dan bertemu pengembara.
- Komplikasi = bagian tengah drama dan mulainya konflik. Terjadi saat pengembara bertanya pada nelayan, petani, dan pelayan terkait istri mereka.
- Resolusi = bagian akhir cerita (penyelesaian). Terjadi saat Pangeran bertemu dengan Putri Rosa yang menyamar menjadi pengembara.

f. Latar :
- Latar tempat = taman istana, luar istana, rumah nelayan, rumah petani.
- Latar waktu = suatu ketika
- Latar suasana = menegangkan, seru, dan bahagia.

g. Bahasa : digunakan sebagai penggambaran suatu watak atau latar.
- Penggambaran watak = “Ia adalah wanita yang rajin....Lagi pula, aku sangat mencintainya.”
- Penggambaran latar = “Lihatlah rumahku bersih sekali bukan?...”

h. Kesimpulan: teks drama tersebut menceritakan seorang Pangeran bernama Athur yang mendambakan istri yang sempurna. Namun, hal tersebut hanyalah mustahil dan kemudian dia menyadari kesalahannya.

Sebab, cinta timbul dengan tulus bukan karena cantik ataupun kaya. Pada akhirnya dia menikahi Putri Rosa, seorang Putri dari kerajaan tetangga yang awalnya menyamar sebagai pengembara yang telah menasehatinya.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait dengan kunci jawaban dari soal Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 207 yang bisa jadi bahan jawaban kalian. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU