Monday 13th of May 2024

Cara Membuat Gerabah Menggunakan Teknik Pilin, Menjadi Bentuk yang Indah dan Menarik

×

Cara Membuat Gerabah Menggunakan Teknik Pilin, Menjadi Bentuk yang Indah dan Menarik

--

ASCOMAXX.com - Kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas mengenai salah satu teknik membuat gerabah atau keramik yakni teknik pilin. Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini ya.

Pembuatan gerabah adalah seni yang telah menghiasi peradaban manusia selama ribuan tahun. Dari peralatan rumah tangga hingga artefak budaya, gerabah telah menjadi simbol kemajuan manusia dan keterampilan pengrajin dalam mengolah tanah liat. Salah satu teknik yang memainkan peran penting dalam pembuatan gerabah adalah teknik pilin.


Artikel ini akan membahas dengan mendalam tentang teknik pilin dalam pembuatan gerabah, mengungkap keindahan dan kreativitas yang terlibat dalam proses ini.

Baca juga: Cara Membuat Filter Kolam Ikan Mudah Tanpa Listrik, Lebih Murah! Tak Perlu Panik Saat Mati Lampu

Baca juga: Cara Membuat Baju Costum Dari Koran Bekas Untuk Karnaval, Meriahkan 17 Agustus!

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Piket Kelas Yang Unik, Pakai Aplikasi Canva Saja!

Mengenal Teknik Pilin

Teknik pilin ini biasanya disebut juga sebagai teknik coiling dalam proses pembuatan kerajinan tangan berupa gerabah yang bersifat manual atau menggunakan tangan secara langsung. 

Teknik pilin (coiling) adalah cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk seperti tali. Cara melakukan teknik ini adalah segumpal tanah liat dibentuk pilinan dengan kedua telapak tangan

Awalnya, gerabah dihasilkan untuk tujuan fungsional, seperti wadah penyimpanan dan peralatan rumah tangga. Namun, seiring berjalannya waktu, seni dan estetika semakin mengintegrasikan diri ke dalam proses pembuatan gerabah. Teknik pilin, mulai digunakan untuk menciptakan pola dan tekstur yang memukau pada permukaan gerabah.

Sumber:

UPDATE TERBARU