Friday 17th of May 2024

Contoh Soal Viskositas dan Hukum Stokes, Disertai Jawaban dan Pembahasan

×

Contoh Soal Viskositas dan Hukum Stokes, Disertai Jawaban dan Pembahasan

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang contoh soal hukum Stokes. Mari simak pembahasan secara lengkap berikut ini ya. 

Belajar fisika merupakan hal yang bisa dibilang cukup sulit untuk sebagaian orang. Dalam fisika kita akan mempelajari teori dan rumus secara bersamaan. 


Kali ini saya akan membahas tentang Hukum Stokes yang akan mendalami tentang pengertian koefisien viskositas gaya gesek kecepatan terminal. 

Mengenal Hukum Stokes

Hukum Stokes menyatakan bahwa apabila sebuah benda bergerak dengan kecepatan (v) dalam suatu fluida dengan nilai koefisien viskositas tertentu, benda tersebut akan mengalami gaya gesek fluida yang disebut gaya stokes (Fs).

Bisa dikatakan juga Hukum stokes adalah sebuah bentuk dari hukum yang akan melakukan penjelasan terhadap sebuah benda maupun partikel yang akan mengendap maupun melakukan pelajuan ke dalam sebuah bentuk dari fluida sehingga benda akan dapat melakukan perlawanan sehingga akan menjadi sebuah gaya hambat yang ada. Kemudian besar dari gaya hambat itu sendiri ayng dimana akan dialami oleh partikel benda akan terbentuk ke dalam bola yang menjadi sebuah gaya gesek.

Baca juga: Mengenal Hukum Stokes: Pengertian, Bunyi, dan Rumus

Baca juga: Contoh Soal Konsep Mol Kimia Kelas 10 SMA/MK Lengkap Dengan Pembahasannya, Tak Perlu Pusing Lagi Cari Contoh Soal

Baca juga: Link Download Kumpulan Soal Kimia Titrasi Asam Basa Terbaru 2023 Beserta Rumus dan Pembahasannya Gratis

Gabriel George Stokes adalah seorang fisikawan yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk meneliti fluida. Penelitiannya yang terkenal adalah Hukum Stokes, yang berbunyi demikian : “ Apabila suatu benda bergerak dengan kelajuan tertentu dalam fluida kental, maka gerakan benda akan dihambat oleh gaya gesek antara perukaan benda dengan fluida. “
Sumber:

UPDATE TERBARU