Thursday 18th of July 2024

Mengenal Kolom Praktis Bangunan: Pengertian, Fungsi, Ukuran dan Jarak

×

Mengenal Kolom Praktis Bangunan: Pengertian, Fungsi, Ukuran dan Jarak

--

ASCOMAXX.com - Kolom praktis sudah tidak asing lagi bagi para pekerja bangunan. Namun, tak sedikit juga orang yang belum mengetahui fungsi dari kolom praktis itu sendiri. Berikut ini pengertian lengkap mengenai apa yang dimaksut dengan kolom praktis.

Sebuah bangunan umumnya terdiri dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, atap, pintu, dan jendela. Bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan bisa beragam, seperti semen, beton, batu bata, kayu, logam, pipa atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut. 


Bangunan umumnya terdiri dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, atap, pintu, dan jendela. Bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan bisa beragam, seperti semen, beton, batu bata, kayu, logam, atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut. 

Baca juga: Pengertian Kuda-kuda Serta Atap Pada Konstruksi Bangunan, Lengkap dengan Fungsinya!

Baca juga: Berikut Jenis Besi UNP Kanal U Pada Konstruksi Bangunan, Penting Diketahui Sebelum Membeli!

Baca juga: Daftar Harga Bahan Bangunan Terbaru 2023, Lengkap Mulai Seman Hingga Kayu!

Pengertian Kolom Praktis

Kolom praktis bertindak sebagai kolom pendukung tambahan untuk memberikan dukungan ekstra pada beberapa titik tertentu di bangunan, khususnya di ujung ruangan atau sudut-sudut rawan yang mungkin mengalami beban yang lebih tinggi.

Fungsi Kolom Praktis

Fungsi utama dari kolom praktis adalah untuk meningkatkan stabilitas dan kekuatan struktur bangunan secara keseluruhan. Kolom praktis sering digunakan dalam beberapa jenis konstruksi, terutama pada bangunan dengan desain atau bentuk yang kompleks.

Sumber:

UPDATE TERBARU