Tuesday 21st of May 2024

5 Langkah Membuat Bunga dari Sedotan, Bahan Murah dan Mudah Dicari Hasilnya Tak Kalah Cantik!

×

5 Langkah Membuat Bunga dari Sedotan, Bahan Murah dan Mudah Dicari Hasilnya Tak Kalah Cantik!

--

ASCOMAXX.com - Beraneka ragam karya bisa dibuat dari berbagai bahan yang sederhana. Salah satunya dengan sedotan. Sedotan bekas yang sudah tak terpakai bisa dijadikan karya hiasan seperti bunga. Caranya pun ternyata cukup mudah. Berikut ini langkah lengkapnya.

Sedotan sendiri banyak yang terbuat dari plastik yang digunakan untuk minum cairan melalui mulut. Namun, karena masalah lingkungan terkait sampah plastik, penggunaan sedotan plastik telah menjadi perhatian, sekarang ini juga telah banyak yang memanfaatkan sedotan sebagai karya seni rupa yang yang memiliki nilai estetik.


Dengan kesadaran yang semakin meningkat tentang masalah lingkungan terkait plastik sekali pakai, banyak seniman dan pengrajin juga mencari cara-cara kreatif untuk mengurangi limbah plastik dengan menggunakan sedotan bekas atau mendaur ulangnya menjadi karya seni yang unik dan menarik.

Baca juga: Cara Membuat Garis Regresi Linear Pada Diagram Pancar (Scatter Diagram) di Microsoft Excel dengan Baik dan Benar

Baca juga: Cara Membuat Fiil Amar Mudah Untuk Pemula, Ada 4 Kaidah yang Harus Kalian Ikuti!

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Pelajaran Sistem Blok Untuk Murid SMK. Simple Nan Praktis! Bisa di Modifikasi Juga

Salah satu karya yang sering dijumpai adalah bunga dari sedotan bekas. Bunga dari sedotan adalah karya seni atau kreasi yang menggunakan sedotan plastik sebagai bahan untuk membentuk bunga. Biasanya, sedotan plastik dipotong dan disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk bunga.

Seniman atau pengrajin dapat menggunakan berbagai teknik seperti pemotongan, pemanasan, dan melilit sedotan untuk menciptakan beragam bentuk dan variasi bunga. Bunga dari sedotan plastik ini adalah salah satu contoh dari upaya mendaur ulang material plastik sekali pakai menjadi karya seni yang estetis dan menginspirasi.

Langkah Membuat Bunga  Sedotan

Bunga Anggrek Warna Kuning

Bahan-bahan:
- 4 buah sedotan kuning
- Gunting
- Benang
- Jarum
- Lem

Cara membuat bunga dari sedotan:
1. Potong 4 sedotan kuning menjadi bagian yang sama panjang.
2. Ratakan bagian-bagian sedotan yang telah dipotong.
3. Siapkan benang dan ikatkan pada jarum.
4. Susun sedotan di tengah-tengah dan rangkai dengan benang, kemudian kencangkan hingga membentuk lingkaran atau bentuk bunga yang diinginkan.
5. Gunting sedotan pada setiap ujung secara diagonal.
6. Ulangi langkah 1-5 sebanyak 5 kali.
7. Tumpuk kelima rangkaian sedotan yang telah dibuat menjadi satu.
8. Tambahkan kertas warna coklat di bagian tengahnya untuk memberi akhiran.

Sumber:

UPDATE TERBARU