Wednesday 15th of May 2024

Daftar Kode Oli Mesin dan Artinya, Berikut Cara Membacanya yang Benar!

×

Daftar Kode Oli Mesin dan Artinya, Berikut Cara Membacanya yang Benar!

--

Angka setelah huruf W atau angka paling belakang menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin beroperasi atau dalam kondisi panas. Semakin kecil angka W, maka oli akan lebih encer pada suhu dingin. Misalnya, oli 5W-30 akan lebih mudah mengalir daripada 10W-30 pada suhu dingin.

Baca juga: Tutorial Cek Akun Moonton di Game Mobile Legends yang Terblokir dan Lupa Email Terbaru 2023, Masalah Langsung Teratasi


Baca juga: Cara Install Call of Duty Warzone Mobile APK 2023, Mudah Banget! Sekali Klik Langsung Terinstall

Baca juga: Syarat Daftar Indriver Mobil dan Motor Lengkap Dengan Kelebihannya Dibanding Aplikasi Ojo Lain

- Arti Kode API

API merupakan singkatan dari American Petroleum Institute, yang merupakan standar untuk menentukan kualitas oli. Pada kemasan oli, terdapat kode API dengan tambahan dua huruf di belakangnya, seperti "API SN" atau "API CH".

Huruf pertama menunjukkan jenis kendaraan yang menggunakan oli tersebut, huruf S untuk kendaraan bensin (gasoline) dan huruf C untuk mesin diesel. Huruf kedua menjelaskan tingkat kualitas oli terbaru untuk kendaraan.

- Arti Kode Oli JASO

JASO adalah singkatan dari Japanese Automotive Standards Organization, sebuah lembaga di Jepang yang menetapkan standar kualitas oli. Jika melihat kode JASO pada botol oli, itu menandakan bahwa oli tersebut cocok untuk motor.

Kode JASO biasanya diikuti dengan MA atau MB, yang merujuk pada penggunaan yang berbeda. Oli motor dengan kode JASO MA lebih sesuai digunakan untuk motor dengan kopling basah seperti motor bebek dan sport. Oli JASO MA berfungsi untuk memberikan gesekan agar kopling tidak selip saat motor dikendarai.

Disarankan untuk melakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau setiap 10.000 km ke bengkel resmi dan terpercaya agar kendaraan kalian diperlakukan oleh tenaga ahli yang tepat. Demikianlah informasi yang kami sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU