Tuesday 5th of March 2024

Jenis-jenis Oli Motor Sesuai Bahan Dasar dan Fungsinya, Pastikan Memilih yang Benar!

×

Jenis-jenis Oli Motor Sesuai Bahan Dasar dan Fungsinya, Pastikan Memilih yang Benar!

--

ASCOMAXX.com - Memilih oli yang sesuai dengan yang dibutuhkan begitu penting sekali. Oli motor berbeda merk juga memiliki bahan dasar dan fungsi yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis oli motor berdasarkan bahan dasar dan fungsi untuk setiap motor.

Salah satu fungsi utama oli motor adalah melumasi komponen-komponen mesin. Saat mesin beroperasi, ada banyak bagian yang saling bergerak dengan kecepatan tinggi. Oli motor membentuk lapisan pelumas di antara permukaan-permukaan yang bersentuhan, mengurangi gesekan dan keausan.


Oli motor juga berperan dalam mendinginkan mesin. Ketika mesin beroperasi, suhu di dalamnya meningkat secara signifikan. Oli motor mengambil panas yang dihasilkan oleh mesin dan membawanya ke tempat lain, seperti radiator, di mana panas dapat diserap dan didispersikan ke lingkungan.

Baca juga: Skema Kabel Kiprok Supra Fit dan Fungsinya Untuk Kelistrikan Kendaraan

Baca juga: Cheat GTA 5 Lengkap Untuk PS3, PS4, dan PC, Setting Cuaca, Senjata, dan Kendaraan Jadi Makin Mudah

Baca juga: Daftar Daerah Kode Plat Nomor Kendaraan Kalimantan Timur KT Berdasarkan Nomor Seri Belakang

Selain fungsi-fungsi tersebut, oli motor juga dapat memiliki aditif tambahan untuk meningkatkan kinerja, seperti meningkatkan perlindungan terhadap korosi, menahan kebocoran, dan meningkatkan stabilitas dari mesin-mesin motor saat bekerja.

Penting untuk menjaga kualitas oli motor dengan menggantinya secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pemilihan oli motor yang tepat sesuai dengan spesifikasi mesin juga sangat penting agar mesin dapat beroperasi dengan baik dan terhindar dari kerusakan.

Jenis-jenis Oli Motor

Sumber:

UPDATE TERBARU