Friday 29th of March 2024

Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soal dan Pembahasan, Lengkap Mudah Dipahami

×

Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soal dan Pembahasan, Lengkap Mudah Dipahami

--

ASCOMAXX.com - Untuk mengetahui tekanan hidrostatis, kita bisa mengambil contoh pada saat berenang atau menyelam dilaut. Dimana semakin kedalam maka tenaga yang kita butuhkan akan semakin besar. Kenapa bisa seperti itu? karena tekanan hidrostatis pada kedalaman lebih kuat dibanding permukaan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

Dilansir dari Saintif, tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang berasal dari zat cair ke seluruh arah pada suatu benda. Tekanan ini dapat terjadi karena adanya gaya gravitasi.


Baca juga: Info Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta: Luas, Letak Astronomis, Batas, Nama Gunung Hingga Sungai

Baca juga: Tenaga Endogen Pembentuk Bukit Barisan di Pulau Sumatera, Ini Dia Prosesnya!

Baca juga: Bahasa-Bahasa Daerah di Pulau Sumatera, Ternyata Tak Hanya Melayu dan Batak

Jadi, tekanan hidrostatis adalah tekanan yang disebabkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan, pada kedalaman tertentu. Karena itulah, saat kita berenang atau menyelam pada permukaan air akan lebih mudah dibanding pada kedalamannya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tekanan Hidrostatis

1. Massa Jenis, karena apabila massa jenis suatu zat cair semakin besar, mka semakin besar pula tekanan hidrostatisnya.

2. Kedalaman zat cair (h), Semakin jauh jarak suatu titik dalam zat cair dari permukaan, maka akan semakin kuat tekanan hidrostatisnya.

3. Percepatan gravitasi, dapat mempengaruhi zat cair. Percepatan gravitasi yang dikombinasikan dengan mass jenis zat cair, maka akan menghasilkan besaran berat zat cair (s).

Sumber:

UPDATE TERBARU