Sunday 12th of May 2024

Sejarah Pondok Pesantren Darussalam Martapura Banjar, Ponpes Tertua di Kalimantan yang Telah Lahirkan Banyak Ulama

×

Sejarah Pondok Pesantren Darussalam Martapura Banjar, Ponpes Tertua di Kalimantan yang Telah Lahirkan Banyak Ulama

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Pondok Pesantren Darussalam Martapura Banjar yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Sejarah Singkat Pondok Pesantren Bin Baz Yogyakarta, Lembaga Pendidikan Islam Populer Sejak Tahun 1993

Baca juga: Kumpulan Contoh Pembukaan Pidato Islami Singkat, Bisa Untuk Formal dan Non Formal

Baca juga: Sejarah Singkat Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang, Jadi Lembaga Pendidikan Islam Untuk Warga Sekitar

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Darussalam Martapura

Melansir dari berbagai sumber, pondok Pesantren Darussalam Martapura Banjar merupakan sebuah pondok pesantren yang berlokasi di kawasan Pasayangan, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Ponpes ini adalah pesantren tertua di Kalimantan dan telah melahirkan banyak ulama terkemuka dan menjadi tempat penting pendidikan dan regenerasi ulama di Kalimantan. Hampir seluruh silsilah murid-guru di Kalimantan Selatan bermuara di pesantren ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU