Wednesday 29th of May 2024

Waktu Dianjurkan Mengkhatamkan Al Qur'an Menurut Rosulullah SAW, Inilah Saat-saat Mustajab Mendatangkan Keberkahan

×

Waktu Dianjurkan Mengkhatamkan Al Qur'an Menurut Rosulullah SAW, Inilah Saat-saat Mustajab Mendatangkan Keberkahan

--

Bacaan Doa Khatam Al Qur'an

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin: Allahummarhamni bil qur'an. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rahmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atraafan nahaar waj'alhu lii hujjatan yaa rabbal 'alamiin.

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum aku ketahui darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semesta alam."

Waktu Dianjurkan Mengkhatamkan Al Qur'an

Al-Imam Abu Hamid al-Ghazali dalam Kitab Induk Doa dan Zikir karya Imam an-Nawawi menyebutkan bahwa ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca dan menyelesaikan Alquran. Al-Imam Abu Hamid al-Ghazali menganjurkan:

“Yang terbaik adalah mengkhatamkan Alquran pada waktu malam, kemudian khatam yang lain pada siang hari. Khatam pada waktu siang hari di hari Senin pada pada dua rakaat salat fajar (subuh) atau setelahnya, sedangkan mengkhatamkan Alquran pada malam hari pada hari Kamis pada salat Maghrib dan setelahnya agar dapat menempatkan akhirnya siang".

Baca juga: Waktu Mustajab Berdoa Bacaan Seribu Dinar, Disertai dengan Keutamaan yang Menyertai Pembacanya

Baca juga: Bacaan Sholawat Mati Lengkap Dengan Artinya yang Mustajab Buat Husnul Khatimah dan Dapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW

Baca juga: Kumpulan Doa Mustajab Saat Ramadhan, Ayo Berlomba-Lomba Dapatka Pahala!

Hadis tersebut adalah:
 
يَا رَسُولَ اللَّهِ فِى كَمْ أَقْرَأُ الْقُرْآنَ قَالَ فِى شَهْرٍ قَالَ إِنِّى أَقْوَى مِنْ ذَلِكَ وَتَنَاقَصَهُ حَتَّى قَالَ اقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ قَالَ إِنِّى أَقْوَى مِنْ ذَلِكَ قَالَ لاَ يَفْقَهُ مَنْ قَرَأَهُ فِى أَقَلَّ مِنْ ثَلاَثٍ
 
Artinya:

“Wahai Rasulullah dalam berapa hari aku boleh mengkhatamkan Al-Qur’an. Beliau menjawab, “Dalam satu bulan.” ‘Abdullah menjawab, “Aku masih lebih kuat dari itu.” Lantas hal itu dikurangi hingga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, “Khatamkanlah dalam waktu seminggu.” ‘Abdullah masih menjawab, “Aku masih lebih kuat dari itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Tidaklah bisa memahami jika ada yang mengkhatamkan Al-Qur’an kurang dari tiga hari.” (HR. Abu Daud).

Sumber:

UPDATE TERBARU