Monday 20th of May 2024

Ukuran dan Skema Box Speaker 10 Inch Indoor, Ternyata Cara Buatnya Gampang!

×

Ukuran dan Skema Box Speaker 10 Inch Indoor, Ternyata Cara Buatnya Gampang!

--

Ukuran dan Skema Box Speaker 10 Inch Indoor

Jika kamu mau memakai sebagai speaker satelit untuk audio 2.1. Audio 2.1 makin banyak digemari karena mampu memberikan detail suara yang lebih detail dan mantab karena ada subwoofer yang secara khusus yang mereproduksi bass.

Tak heran karena audio 2.1 mampu memberikan bass yang jauh lebih mantab dan serbaguna sebagai speaker multimedia. Speaker 2-way ini tidak menggunakan driver midrange sehingga kamu perlu memilih driver 10 inch jenis fullrange.


Namun ada solusinya, tenang saja karena kalau dikombinasi dengan sub-woofer sebagai audio 2.1. Bisa saja menggunakan 10 inch jenis woofer, jika tak ingin menggunakan subwoofer. Baca juga : Jenis-jenis Speaker yang perlu diketahui

Skema Box Speaker 2-Way 10 Inch + 1 Tweeter Rumahan

1. Skema Dan Ukuran Panel Box Speaker 10 Inch 2-Way

Skema tampak dari depan dan samping


||

2. Ukuran Sekat, Brace Dan Panel Depan Dan Lubang Speaker

Perlu diperhatikan bahwa sekat, paling bawah berfungsi sebagai port udara/ventilasi ukuran 100.7mm x 135.0mm dengan kemiringan pemotongan sisi 45°. Brace, berada ditengah 200.0mmx100.0mm berfungsi sebagai penahan agar box lebih kokoh.

Lubang tweeter horn yang paling sesuai adalah rata-rata 18cmx14cm, jangan terpaku pada ukuran lubang tweeter corong pada skema dibawah!, lubangi hanya jika kamu yakin bisa mendapatkan ukuran yang sesuai dengan skema. Bisa saja diberi tweeter biasa/bulat.

Lubang speaker 10 inch pada skema rata-rata sama yaitu dengan diameter 230.0mm, atau bisa juga dsesuaikan dengan driver yang akan dipakai.

Baca juga: Ukuran & Skema Box Planar 6 Double Triplek 12mm, Lengkap dengan Gambar Box Speaker yang Mudah Dibuat

Baca juga: Gambar Skema Box Speaker CBS, Lengkapi Bahan-Bahan Berikut Untuk Membuatnya

Baca juga: Skema Box Speaker Planar 6 Inch dan Tata Cara Pembuatannya Paling Mudah

3. Perakitan Dan Finishing

Guna merekatkan antar panel, sekat dan brace sebaiknya menggunakan skrup dan lem yang kuat misalnya lem putih atau kalau perlu lem epoxy agar box lebih kuat.

Namun sebaiknya sebelum diskrup sebaiknya dibor dulu supaya material tidak pecah. Setelahnya kamu bisa mengolesi lem pada sisi yang mau direkatkan kemudian diskrup. Tiap sudut persambungan sebaiknya juga ditambahkan lem.

Nah sebagai langkah finishing, dempul dulu sebelum dicat atau lebih bagus lagi di lapisi resin agar material tidak menyerap air sehingga box lebih berumur panjang. Baru bisa dicat sampai selesai.

Sumber:

UPDATE TERBARU