Friday 17th of May 2024

Skema Penagihan Easy Cash Ada DC Lapangan? Jadi Tahap Paling Akhir Kalau Semua Metode Tidak Berpengaruh

×

Skema Penagihan Easy Cash Ada DC Lapangan? Jadi Tahap Paling Akhir Kalau Semua Metode Tidak Berpengaruh

--

OJK menegaskan agar seluruh perusahaan memastikan setiap debt collector telah memiliki sertifikat profesi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengikuti aturan pemerintah dalam proses menagih utang kepada nasabah.

Surat Tugas


Surat tugas adalah dokumen yang tidak kalah penting untuk dibawa DC dalam melakukan penagihan utang. Secara umum, surat tugas adalah surat yang diterbitkan oleh seorang atasan atau seseorang dengan jabatan yang tinggi kepada pihak di bawahannya.

Bukti Jaminan Fidusia

Jaminan fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak, baik berwujud ataupun tidak berwujud. Jaminan ini juga dapat berlaku untuk benda tidak bergerak, terlebih bangunan yang tidak bisa dibebani hak tanggungan.

Skema Galbay EasyCash 

Proses penagihan terdiri dari Desk Collection, yakni penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain. 

1. Penyampaian Informasi Cara Bayar dari EasyCash

EasyCash akan mengirimkan sms atau pesan ke nomor HP di ponsel debitur sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan nasabah kewajiban melakukan pelunasan.

2. Peringatan Warning Letter

Dalam prakteknya tidak ada surat yang dikirimkan ke nasabah yang gagal bayar. Biasanya dikirimkan dalam bentuk pesan di aplikasi, SMS atau WhatsApp

3. Penagihan Lewat Telepon Desk Collection EasyCash

Jika debitur tidak memberikan respon yang baik pada peringatan yang dikirimkan, tim penagih EasyCash akan meningkatkan intensitas dengan melakukan penagihan melalui panggilan telepon langsung ke debitur.

Untuk penagihan keterlambatan pembayaran, melalui metode telepon ini, seluruh reminder yang dikirimkan dapat menjadi bukti di kemudian hari bahwa Penyelenggara P2P telah melakukan usaha untuk menghubungi dan mengingatkan Penerima Pinjaman atas kewajiban yang tertunggak

4. Ada DC Lapangan EasyCash Lewat Kunjungan

Digunakan jika komunikasi penagihan melalui telepon dan media komunikasi lainnya (seperti email dan messaging) tidak efektif atau bila dipandang kunjungan Field Collector diperlukan. Perusahaan pinjol diperbolehkan bekerjasama dengan pihak ke-3 dalam rangka efisiensi dan efektivitas kerja. 

Baca juga: Tips Menghindari Pinjol Ilegal yang Sebar Data Pribadi Nasabah atau Kreditur, Jangan Sampai Kegocek

Baca juga: Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Dijamin Data Pribadi Anri Bocor-Bocor Club

Baca juga: Daftar Pinjol yang Tidak Ada DC Lapangan Sudah Terdaftar OJK Dijamin Legal dan Aman

5. Penagihan EasyCash ke Teman, Saudara, Keluarga

EasyCash akan melakukan penagihan dengan menghubungi keluarga, teman, atau pihak lain yang terkait dengan peminjam yang nomor teleponnya tercantum sebagai nomor darurat.

6. Pelaporan ke SID OJK, BI Checking

Data di Fintech Database di update lebih cepat, bisa harian atau bahkan real-time, dibandingkan update SID OJK yang dilakukan sebulan sekali. Cara kerja Fintech Database lebih efektif mengidentifikasi nasabah blacklist di pinjol yang umumnya punya tenor masa pinjaman kurang dari 30 hari.

7. Penggunaan Debt Collector DC Lapangan

Fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Namun, jika nasabah sudah hilang kontak atau skip, barulah proses kunjungan lapangan dengan field collection ke rumah atau kantor dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection atau dikenal sebagai debt collector DC bisa digunakan, di tahap field collection. Penggunaan agency dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech.

Nah, itu dia informasi mengenai Skema Penagihan Easy Cash yang dapat kami sampaikan. Semoga infomasi di atas bisa bermanfaat dan selalu bijak dalam menggunakan aplikasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU