Wednesday 15th of May 2024

Kumpulan Soal Latihan Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar, Dilengkapi Pembahasan dan Jawaban!

×

Kumpulan Soal Latihan Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar, Dilengkapi Pembahasan dan Jawaban!

--

ASCOMAXX.com - Jika kalian seorang mahasiswa yang ingin mengikuti program unggulan yaitu Kampus Mengajar, bisa sekali. Sebelumnya, pada proses seleksi pasti ada tes untuk mengikuti program ini. Seperti berikut ini, akan kami berikan kumpulan soal latihan literasi dan numerasi pada kampus mengajar. 

Kampus Mengajar adalah salah satu komponen dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui pengalaman di luar ruangan kelas di sekolah-sekolah tingkat dasar.


Sebelumnya pada proses seleksi Kampus Mengajar ini akan dilakukan beberapa tahap tes, seperti tes literasi dan numerasi ini. Tes tersebut dirancang untuk mengevaluasi kemampuan peserta dalam memahami bacaan, menganalisis teks, berpikir logis, dan menyimpulkan informasi dari pertanyaan yang diberikan.

Baca juga: Kumpulan Soal Psikotes TNI AD (Angkatan Darat) Terbaru Tahun 2023/2024, Mulai Penalaran hingga Edward Personal Preference Schedule

Baca juga: Soal Psikotes PT Mitra Insan Sejahtera Tahun 2023, Kisi-Kisi Jitu Tepat Sasaran!

Selain tes literasi dan numerasi, Kampus Mengajar juga menyertakan tes kemampuan VCAT, untuk mengukur kapasitas mental, kecerdasan, keterampilan, dan karakter peserta. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes ini adalah 60 menit untuk VCAT, sementara tes literasi dan numerasi diberikan waktu 30 menit. 

Kumpulan Soal Latihan Literasi dan Numerasi

Soal-soal dalam tes ini akan mencakup akronim (singkatan yang terdiri dari beberapa unsur kata), sinonim (kata dengan makna yang sama), dan antonim (kata dengan makna yang berlawanan). Sementara itu, soal numerasi akan berfokus pada perhitungan matematika. Berikut contoh soal lengkapnya:

- Contoh Soal Literasi

1. Aborsi =….

A. Pemasukan
B. Pengeluaran
C. Peradangan
D.Pesakitan

E. Pengguguran

Jawaban : D. Pengguguran

Aborsi menurut KBBI merupakan pengguguran kandungan. Sehingga untuk menjawab pertanyaan sinonim di atas jawabannya adalah pengeluaran.

2. Rabun ><…

A.Tajam
B. Samar
C. Tepat
D. Terang.
E. Jelas

Jawaban : E. Jelas

Rabun menurut KBBI kurang jelas; kurang awas; kabur (tentang penglihatan). Sehingga untuk menjawab pertanyaan antonim di atas jawabannya adalah jelas.

3. PEMERINTAH : PERPU = …

a. Buruh : Demokrasi
b. Makan : Kenyang
c. MPR : UU
d. Hakim : Jaksa
e. Menteri : Kepres

Jawaban : C. MPR : UU

Pemerintah memiliki peran dan tugas untuk mengesahkan perpu. MPR bertugas mengesahkan UU.

4.KHAYALAN : DONGENG = PERISTIWA : ….

a. Rekaan
b. Dugaan
c. Palsu
d. Fakta
e. Estimasi

Jawaban : D. Fakta

Suatu cerita yang berdasarkan khayalan adalah dongeng. Suatu cerita yang berdasarkan peristiwa adalah fakta.

5. ROKOK : ASBAK = AIR : …

A. Pancur
B. Selokan
C. Ember
D. Selang
E. Keran

Sumber:

UPDATE TERBARU