Monday 20th of May 2024

Jenis-jenis Pupuk Organik Untuk Tanaman di Rumah, Mudah Dibuat dengan Bahan Sisa!

×

Jenis-jenis Pupuk Organik Untuk Tanaman di Rumah, Mudah Dibuat dengan Bahan Sisa!

--

Jenis Pupuk Organik

1. Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari ekskreta hewan ternak dan juga unggas. Diantaranya  seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, dan ayam. Pupuk ini efektif  bisa memperkaya tanah dan memberikan nutrisi penting seperti fosfor, nitrogen, dan kalium.

2. Pupuk hijau adalah jenis pupuk organik yang terbuat dari tumbuhan atau tanaman hijau. Beberapa tanaman yang digunakan sebagai pupuk hijau bisa berasal dari hasil sisa panen atau tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai pupuk.


3. Pupuk kompos terdiri dari bahan organik yang telah mengalami proses dekomposisi atau fermentasi secara alami. Bahan-bahan ini berasal dari tumbuhan, hewan, dan limbah organik. Proses biologis nantinya akan melibatkan mikroorganisme seperti jamur, bakteri, atau kapang, serta makroorganisme seperti cacing tanah.

Baca juga: Harga Pupuk Jawa Timur Hari Ini Jumat 17 Maret 2023, Menyambut Lebaran Bulan Depan Non Subsisdi Naik 50%

Baca juga: Daftar Harga Pupuk Tanaman Non Subsidi Terbaru 2023, Khusus Untuk Wilayah Jawa Timur!

Baca juga: Contoh Surat Permohonan Bibit Tanaman, Ajukan Untuk Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Lingkungan

4. Pupuk hayati atau pupuk mikrobiologis adalah pupuk yang menggunakan organisme hidup. Fungsinya termasuk memperbaiki struktur tanah, menyediakan nutrisi bagi tanah dan tanaman, serta menghambat pertumbuhan parasit pada tanaman.

5. Humus adalah bahan organik yang terbentuk melalui proses pelapukan daun dan ranting tanaman. Humus bisa meningkatkan kandungan air tanah, mencegah erosi, dan mempercepat dekomposisi senyawa beracun dalam tanah.

6. Pupuk serasah adalah pupuk alami yang mengandung senyawa berbasis karbon, terbuat dari limbah organik tumbuhan seperti jerami, sabut kelapa, dan rumput yang telah mengalami perubahan warna dan bentuk. Selain meningkatkan kesuburan tanah, pupuk serasah juga membantu menjaga kelembapan dan tekstur tanah serta mencegah penyakit tanaman akibat hujan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait jenis pupuk organik untuk tanaman di rumah yang bisa dibuat dengan mudah. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan membantu kalian dalaam memberikan nutrisi pada tanaman.

Sumber:

UPDATE TERBARU