Wednesday 1st of May 2024

Mengenal 4 Tingkatan Golongan Pramuka, Beserta Pengertian dan Tugasnya Lengkap

×

Mengenal 4 Tingkatan Golongan Pramuka, Beserta Pengertian dan Tugasnya Lengkap

--

ASCOMAXX.com -  Pramuka merupakan salah satu ekstrakuliker di sekolah SD hingga SMA bahkan Universitas. Pada Pramuka terdapat 4 tingkatan golongan berdasarkan usia. Berikut pengertian lengkapnya.

Pramuka menjadi salah satu ektrakulikuler di sekolah SD maupun Universitas yang menarik untuk diikuti. Kegiatan pada pramuka sangat banyak sekali dan pastinya menyenangkan.


Karena pramuka terdapat pada sekolah maupun universitas, maka pada anggota pramuka terdapat tingkatan yang dibedakan golongannya berdasarkan usia. Berikut merupakan tigkatan golongan pramuka berdasarkan usia.

Baca juga: Apa Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan? Ini Dia Daftarnya! Masih Banyak yang Belum Terjamah Manusia

Baca juga: Deretan Nama Negara Ini Menjadi Negara Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Urutan Nomor Berapa?

1. Siaga

Siaga merupakan tingkatan pertama pada pramuka. Nama siaga berasal dari istilah siaga yang berarti mengacu pada kesiapsiagaan masyarakat Indonesia untuk meraih Kemerdekaan sejak dibentuknya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908. Sehingga, pada tingkatan ini merupakan tingkatan awal yang merupakan anggota berusia 7-10 tahun atau usia SD.

Pada pramuka siaga memiliki satuan terkecil yang disebut barung. Kumpulan dari beberapa barung diberi nama perindukan. Dalam satu barung memiliki anggota siaga sebanyak lima hingga sepuluh orang yang terdiri dari pemimpin dan anggota.

Tingkatan siaga sendiri juga terdiri dari tiga tingkatan, yaitu mula, bantu, dan tata.

Baca juga: Gaji Karyawan Mixue Terbaru 2023, Lengkap dengan Informasi Tunjangan dan Jam Kerja

2. Penggalang

Pramuka penggalang merupakan tingkatan kedua. Memiliki istilah penggalang dengan merujuk pada penggalangan perjuangan rakyat Indonesia untuk mempersatukan diri agar mencapai Kemerdekaan dalam peristiwa Sumpah Pemuda. Pada tingkatan ini anggota terdiri dari usia 11-15 tahun.

Satuan terkecil penggalang disebut nama regu, serta satuan beberapa regu disebut pasukan. Satu regu terdiri dari lima hingga sepuluh anggota penggalang. Dalam satu regu akan dipimpin oleh pemimpin regu atau pinru. Pinru juga memiliki pemimpin regu utama yang disebut pratama.

Pada pramuka penggalang memiliki tiga tingkatan, yaitu penggalang ramu, rakit, dan terap.

Sumber:

UPDATE TERBARU