Thursday 9th of May 2024

Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Dijamin Data Pribadi Anri Bocor-Bocor Club

×

Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Dijamin Data Pribadi Anri Bocor-Bocor Club

--

4. Pahami Hak dan Kewajiban Nasabah

Cari tahu hak dan kewajiban sebagai nasabah pinjol, seperti berapa besar bunga yang harus dibayar dan apa saja konsekuensi jika terlambat membayar. Pastikan kamu mengerti dengan jelas tentang hal ini sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.


5. Cek Apakah Lembaga Keuangan Telah Terdaftar

Pastikan kamu telah mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK untuk membantu mengurangi risiko pinjaman ilegal yang menyebarkan data pribadi.

Baca juga: Apa Resiko Galbay Pinjol Modal Nasional? Waspada! Bisa Kena SLIK OJK

Baca juga: Resiko Gagal Bayar Pinjol UKU yang Perlu Diwaspadai, Hati-hati Kedatangan DC!

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Pinjol ilegal umumnya menawarkan pinjaman online yang dapat ditarik dalam hitungan menit. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkanmu membedakan antara aplikasi pinjaman online legal dengan yang ilegal.

Pinjaman online terpercaya akan terdaftar di dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas. Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjoli legal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi.

Pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab kerap melakukan peretasan informasi pribadi peminjam yang ada di ponsel. Karenanya kamu perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi di ponselmu.

Mudah bukan? Sekian informasi mengenai jawaban terkait cara agar pinjol tidak sebar data. Berhati-hatilah dalam melakukan pinjaman online, karena resiko didalamnya juga besar. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU