Saturday 1st of June 2024

Nyeleneh! 5 Ajaran Ponpes Al-Zaytun, Mulai Dari Nyanyikan Lagu Yahudi Hingga Khutbah Pakai Ayat Alkitab

×

Nyeleneh! 5 Ajaran Ponpes Al-Zaytun, Mulai Dari Nyanyikan Lagu Yahudi Hingga Khutbah Pakai Ayat Alkitab

--

5 Ajaran Ponpes Al- Zaytun yang Kontroversial

1. Ajak nyanyikan lagu Yahudi

Beberapa waktu lalu, beredari video Panji Gumilang di media sosial ketika tengah mengenalkan ucapan salam ala Yahudi. Dalam video itu, ia juga mengajak para santri dan tamunya untuk mengucapkan salam untuk umat Kristen.


“Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," ujar Panji Gumilang dikutip dari akun @say.kocak.

2. Salat Idul Fitri dengan shaf campur

Pada Idul Fitri 1444 H lalu, ponpes Al-Zaytun mencampurkan shaf perempuan dan laki-laki. Video Salat Ied itu sempat beredar di sejumlah akun media sosial, salah satunya diunggah ulang oleh akun instagram, @unikinfo_id.

"Kegiatan perayaan Id Al Fithri di Masjid Rahmatan Lil Alamin Al-Zaytun-Indonesia," demikian caption yang mengiringi video itu.

3. Dosa zina bisa ditebus dengan uang

Ken menyebut ponpes tersebut melarang santrinya berpacaran dan berzina. Namun peraturan itu tidak berlaku bagi orang yang punya uang, sebab dosa akibat berzina itu bisa ditebus dengan sejumlah uang.

Baca juga: Biaya Pondok Pesantren Ora Aji Sleman Terbaru 2023, Ponpes Milik Gus Miftah

Baca juga: Rekomendasi Ponpes Terbaik di Jawa Tengah, Disertai dengan Fasilitas dari Setiap Pondoknya

Baca juga: Sejarah Pondok Pesantren Langitan Tuban, Menjadi Ponpes Tertua di Indonesia

“Gak boleh pacaran, gak boleh berzina, kalau gak punya duit. Tapi kalau punya duit, bisa dilakukan. Nanti ada majelis hukumnya bertahkim, kena pasal sekian, dengan bayar uang dua juta dosanya hilang," kata Ken Setiawan, dikutip dari kanal YouTube Herri Pras, Senin, 5 Juni 2023.

4. Berencana bangun pesantren Kristen

Panji Gumilang menyatakan memiliki rencana untuk membangun pesantren untuk umat Kristen dan membangun gereja di dalam area Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu.

5. Azan antimainstream

Pada setiap lantunan azan tersebut, sang muadzin selalu melakukan gerakan tangan yang tidak biasa. Tak hanya itu, azan juga dikumandangkan dengan tidak menghadap kiblat, melainkan menghadap para santri.

Bagaimana menurutmu? Itulah informasi mengenai ajaran nyeleneh di pesantren al- zaytun. Semoga informasi ini dapat memberikan kamu pelajaran. Terimakasih sudah membaca artikel kali ini. 

Sumber:

UPDATE TERBARU