Saturday 4th of May 2024

Profil Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Telah Berdiri Sejak Tahun 1908 Silam

×

Profil Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Telah Berdiri Sejak Tahun 1908 Silam

--

Lokasi Pondok Pesantren KHAS Kempek

Pondok Pesantren KHAS Kempek sendiri berlokasi di Jl. Tunggal Pegagan, Pegagan, Desa Blok, Kempek, Kec. Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45161.

Baca juga: Alamat Tempat Persewaan (Rental) Mobil di Martapura Kalimantan Selatan yang Terbaik Bisa Sewa Bulanan


Baca juga: Alamat Cabang Ta Wan Restaurant di Indonesia, Spesialis Bubur Khas Tiongkok dan Berbagai Menu Pilihan Lainnya

Baca juga: Daftar Alamat McDonald's Bali, Kuliner Cepat Saji Populer dengan Beragam Variasi Menu Pilihan

Sejarah Singkat Pondok Pesantren KHAS Kempek

Melansir dari berbagai sumber, sejarah pembangunan dan perkembangan pondok pesantren KHAS Kempek ini adalah sebagai berikut:

Tahun 1908

Pondok Pesantren Kempek didirikan oleh Mbah KH. Harun pada tahun 1908. Kemudian diteruskan oleh putra beserta menantunya dan sekarang diasuh oleh cucunya, yaitu KH. Nawawi Umar. Pada awal berdiri diajarkan kitab kuning dan ilmu shorof serta diperkenalkan al-Qur’an ala Kempekan.

Agar mengefektifkan penanganan pendidikan, pada tahun 1960 KH. Aqiel Siroj, menantu sang muassis, mendirikan Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien (MTM) yang merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari sistem Pesantren Kempek. Beliau mengkaji kitab kuning takhossus ilmu nahwu.

Tahun 1990

Setelah beliau wafat tahun 1990, MTM dipimpin oleh putra tertuanya, Buya H. Ja’far Shodiq Aqiel Siroj. Pada tahun 1995, didirikan Yayasan KHAS (Kiai Haji Aqiel Siroj), dibuka pula Kejar Paket B (1994), MTs Terbuka (1996).

Sumber:

UPDATE TERBARU