Friday 19th of April 2024

Strategi Lolos Jalur Zonasi Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK, Ikuti Petunjukan dan Lengkapi Syarat Berikut Ini

×

Strategi Lolos Jalur Zonasi Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK, Ikuti Petunjukan dan Lengkapi Syarat Berikut Ini

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai strategi agar bisa lolos melalui jalur zonasi PPDB 2023/2024 yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Sistem zonasi pada sekolah merupakan salah satu jalur penerimaan siswa baru yang berdasarkan pada ketentuan zona tempat tinggalnya. Terlepas dari pengertian zonasi sekolah, sistem ini ditujukan supaya calon siswa-siswi bisa mendaftar kesekolah lanjutan sesuai dengan lokasi tempat tinggal.


Baca juga: Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data, Pakai 7 Tips Ini Dijamin Data Pribadi Kamu Aman

Baca juga: Baca Manhwa A Tipsy Marriage Proposal for the Emperor Full Chapter Bahasa Indonesia, Kisah Elliere dengan Kaisar yang Kejam

Baca juga: Tips Mengikuti Kelas Karyawan dan Kelas Reguler, Khusus Untukmu Yang Miliki Jadwal Super Padat!

Sistem zonasi ini merupakan kebijakan dari Kemdikbud yang pertama kali diterapkan pada tahun 2017. Alasnya pada saat itu, adalah Permendikbud 17/2017 tentang PPDB SD/SMP/SMA sederajat. Kebijakan tersebut, mengubah secara mendasar kategori/persyaratan penerimaan calon peserta didik di sekolah negeri. Dari yang menggunakan nilai UN ke jarak rumah dan sekolah.

Kuota Jalur Zonasi

Berdasarkan Permendikbud Ristek nomor 1 Tahun 2021 mengatur bahwa ada beberapa kategori jalur zonasi PPDB yang menjadi prioritas zonasi. Orang tua atau siswa perlu mengetahui jalur zonasi memiliki kuota paling banyak dibandingkan dengan tiga jalur lainnya, berikut jalur kuota zonasi PPDB:

  • Paling sedikit untuk jalur zonasi SD yaitu 70% dari total daya tampung sekolah
  • Jalur zonasi untuk SMP paling sedikit 50% dari total daya tampung sekolah
  • Jalur zonasi untuk SMA paling sedikit 50% dari total daya tampung sekolah

Sumber:

UPDATE TERBARU