Thursday 2nd of May 2024

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data, Pakai 7 Tips Ini Dijamin Data Pribadi Kamu Aman

×

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data, Pakai 7 Tips Ini Dijamin Data Pribadi Kamu Aman

--

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

1. Tingkatkan Literasi Keuangan

Pinjol ilegal umumnya menawarkan pinjaman online yang dapat ditarik dalam hitungan menit. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkanmu membedakan antara aplikasi pinjaman online legal dengan yang ilegal.


2. Ajukan Pinjaman Pada Pinjol Resmi

Pinjaman online terpercaya akan terdaftar di dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas. Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjoli legal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi.

3. Tolak Akses Kontak

Pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab kerap melakukan peretasan informasi pribadi peminjam yang ada di ponsel. Karenanya kamu perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi di ponselmu.

4. Tepati Pembayaran Pinjaman

Ini merupakan cara yang paling pakem baik di binjol legal maupun ilegal. Membayar cicilan secara tepat waktu menjadi cara agar data tidak disebar oleh pinjol selanjutnya. Lebih baik menghindari pinjol bila merasa tidak sanggup mencicil kewajiban secara konsisten.

Baca juga: Apa Resiko Galbay Pinjol Modal Nasional? Waspada! Bisa Kena SLIK OJK

Baca juga: Resiko Gagal Bayar Pinjol UKU yang Perlu Diwaspadai, Hati-hati Kedatangan DC!

Baca juga: Pengalaman Tidak Bayar Pinjol Legal yang Tak Kalah Ngeri Dari Pinjaman Ilegal Begini Resikonya

5. Laporkan Pinjol Ilegal ke POLRI

Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Polri, Kominfo, Kemenkop UKM, dan Bank Indonesia telah membentuk komitmen pemberantasan pinjol ilegal guna menindak tegas dan memberi efek jera pada pinjol tak berizin.

Cukup kunjungi situs patrolisiber.id, kemudian mengisi formulir secara lengkap, mulai dari kronologi hingga bukti.

6. Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK

Caranya cukup mudah. Kamu bisa menghubungi OJK lewat WhatsApp di 081-157-157-157 atau kontak resmi OJK di nomor 157 atau kamu dapat mengirimkan e-mail ke Satgas Waspada Investasi dengan alamat surel waspadainvestasi@ojk.go.id.

7. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal

Jangan mudah termakan iklan menggiurkan yang tampak terlalu mudah atau menguntungkan. Hal ini karena umumnya konten ini bertujuan untuk mengecoh dan membujuk penonton agar melakukan pinjaman uang. Blokir saja iklannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU