Friday 1st of March 2024

Barongan Kediri Adalah? Berikut Penjelasan dan Harga Terbaru 2023

×

Barongan Kediri Adalah? Berikut Penjelasan dan Harga Terbaru 2023

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai kesenian Barongan Kediri yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, Barongan adalah sebuah jenis kesenian tradisional khas masyarakat Jawa dan Bali yang berkembang di wilayah Jawa Tengah dan Bali, namun berasal-usul dari daerah Kabupaten Ponorogo di Jawa Timur.


Baca juga: Barongan Adalah? Berikut Pengertian dan Asal Usul Salah Satu Kesenian Populer Indonesia

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung IPK di Excel? Berikut Tutorial Paling Mudahnya

Baca juga: Video Oknum Polisi Polda Jateng Masturbasi Viral Twitter Tiktok, Durasi Full Bisa Bikin Malu Seumur Hidup

Untuk melakukan kesenian yang satu ini juga dilengkapi dengan iringan instrumen gamelan (seperangkat alat musik) yang berirama rancak.

Menurut S.Dwidjo Sumono (1993:4) menjelaskan bahwa Barongan dalam arti sebenarnya adalah simbol atau gambaran dari pengejawantahan si raja hutan yang besar yaitu simbol Singo Barong atau Macan Gembong.

Kata Barongan berasal dari kata dasar barong atau barung yang berarti besar. Berawal dari kata barong, mendapat akhiran–an (Barongan). Kata tersebut mengandung arti menyerupai atau tiruan atau tidak sesungguhnya.

Kesenian Barongan sendiri adalah salah satu tradisi yang berkembang dalam masyarakat Blora di Jawa Tengah sebagai sarana ritual dalam ajaran Kejawen.

Sumber:

UPDATE TERBARU