Friday 29th of March 2024

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 181, Pembahasan Tentang Morfem Terikat

×

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 181, Pembahasan Tentang Morfem Terikat

--

ASCOMAXX.com – Informasi berikut kami sajikan untukmu yang mencari pembahasan tentang kunci jawaban bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 181. Bagi kamu yang sedang mencari pembahasan lengkapnya bisa cek di artikel berikut.

Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran wajib yang termasuk dalam mata pelajaran adaptif. Mata pelajaran Bahasa Indonesia ini juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan peserta didik untuk berbahasa.


Baca juga: 20 Soal Pembagian Ribuan Bersusun (Porogapit), Lengkap dengan Kunci Jawaban

Baca juga: Download Soal Latihan Ujian PKK Kelas 11 Semester 2 PDF, Beserta Kunci Jawaban!

Baca juga: Kumpulan Contoh Soal PKK SMA/SMK Kelas 11 Semester 2 Terbaru 2023, Disertai Kunci Jawaban! 

Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SMA/SMK. Mata pelajaran ini diajarkan pada kelas 10, 11, dan 12. Setiap semesternya, Bahasa Indonesia akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 181

Pada halaman tersebut, terdapat delapan butir soal. Delapan butir soal itu merupakan jenis soal Bahasa Indonesia yang mengharuskan siswa untuk memahami penggunaan “pra-“ dengan baik dan benar.

Mengutip dari buku berjudul Kitab Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Umum, Wiyanto (2012: 68), kata “pra-“ merupakan unsur terikat atau morfem terikat. Unsur terikat memiliki arti bahwa “pra-“ tidak dapat berdiri sendiri dalam suatu kalimat. Jadi, kata “pra-“ akan selalu diikuti atau ditempeli oleh kata lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa kata “pra-“ akan selalu ditempeli dalam arti digabung dengan kata lain. Contoh penulisan “pra-“ dalam bahasa Indonesia, yaitu prakata (pra- dan kata), prasejarah (pra- dan sejarah), praseminar (pra- dan seminar), dan sebagainya.

Baca juga: Kata Evaluatif Lengkap Dengan Contoh Kalimatnya, Diskusi Untuk Hasil Penelitian

Baca juga: Contoh Kalimat Evaluatif, Perwujudannya Bisa Positif dan Negatif

Baca juga: Pengalaman Kerja di Indomaret, Review Lengkap Banyak Ditulis Pengguna Quora

Setelah menyimak penjelasan di atas, siswa bersama orang tua dapat memeriksa hasil pekerjaan rumah (PR) dengan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 181 Kurikulum Merdeka di bawah ini.

  • Prapembelajaran
  • Prapenjualan
  • Praduga
  • Prasejarah
  • Prabayar
  • Prasekolah
  • Prasyarat
  • Pranikah

Nah, itu dia pembahasan sekilas tentang kunci jawaban bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 181. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU