Sunday 19th of May 2024

Profil Pesantren Darul Ihsan Menganti Kota Gresik : Sejarah dan Sistem Pendidikan

×

Profil Pesantren Darul Ihsan Menganti Kota Gresik : Sejarah dan Sistem Pendidikan

--

ASCOMAXX.com - Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia sampai sekarang tetap memberikan kontribusi penting di bidang sosial keagamaan. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat (indigenous) pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya mampu menjaga dan mempertahankan keberlangsungan dirinya (survival system) serta memiliki model pendidikan multi aspek.

Berdasarkan bangunan fisik atau sarana pendidikan yang dimiliki, pesantren mempunyai lima tipe berdasarkan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki pesantren itu sendiri. Sedangkan berdasarkan kurikulum, pesantren terbagi tiga, yaitu pesantren tradisional (salafiyah), pesantren modern (khalaf atau asriyah) dan pesantren komprehensif (kombinasi).


Pesantren memiliki lima unsur atau elemen, yaitu masjid, kyai, pondok, santri, dan pengajian kitab kuning (tafaqquh fi al-din). Salah satu pesantren yang di sorot kali ini adalah Pesantren Darul Ihsan Menganti yang berada di kota Gresik. Lalu seperti apa profil serta pendidikannya. Maka dari itu simak Profil Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik berikut ini.

Baca juga: 7 Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Terbaik di Indonesia dan Jadi Favorit Orang Tua

Baca juga: Pondok Pesantren Miftahul Huda Bogor: Profil, Sejarah, dan Sistem Pendidikan

Baca juga: Fasilitas dan Biaya Pesantren Buntet Cirebon T.A 2023/2024, Pesantren Tertua di Cirebon Yang Miliki Santri Unggulan

Profil dan Alamat Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik

Pesantren Darul Ihsan didirikan oleh KH. Drs Mulyadi, MM dan Nyai Hj. Siti Hajar dan juga lembaga pendidikan Al Azhar yang menaungi RA, PAUD, SMP, SMA, SMK, dan STAI Al Azhar. Pesantren ini memiliki berlokasi di Jalan Raya Menganti Krajan No. 474 Menganti Gresik.

Nama pondok pesantren Darul Ihsan berasal dari nama Almarhum Ihsan selaku orangtua Ibu Nyai Hj. Siti Hajar dan beliaulah yang memberikan tanah wakafnya untuk pengolahan pondok pesantren Darul Ihsan Menganti. Pondok pesantren Darul Ihsan selalu menanamkan nilai-nilai sebuah Keikhlasan, Kesederhanaan, Mandiri, Ukhuwah Wahdiniyah dan Kebersamaan, semua itu dikenal dengan Panca Jiwa pondok pesantren Darul Ihsan. Pondok ini beralamat di Menganti Krajan Gg. 7, Krajan, Menganti, Kec. Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 60213

Sumber:

UPDATE TERBARU