Saturday 11th of May 2024

Kode ICD 10 Pada Penyakit Kista Ovarium, Serta Mengenal Beberapa Jenis yang Sering Menyerang!

×

Kode ICD 10 Pada Penyakit Kista Ovarium, Serta Mengenal Beberapa Jenis yang Sering Menyerang!

--

Pada penyakit kista ovarium, juga memiliki kode ICD 10 yang biasa digunakan, yaitu memiliki kode ICD 10 D27 pada penyakit ini.

Jenis Kista Ovarium

Beberapa jenis kista ovarium yang umum termasuk:


1. Kista fungsional

Jenis kista umum yang biasanya tidak berbahaya. Terbentuk sebagai bagian dari siklus menstruasi normal dan bisa menghilang sendiri dalam beberapa minggu atau bulan. 

2. Kista dermoid

Kista yang terdiri dari sel-sel yang dapat menghasilkan berbagai jenis jaringan tubuh, seperti rambut, gigi, atau jaringan kulit. Bersifat jinak dan biasanya tidak menimbulkan masalah kecuali jika tumbuh besar atau pecah.

3. Kista endometriosis

Kista yang terbentuk ketika jaringan endometrium (yang biasanya melapisi rahim) tumbuh di luar rahim, termasuk di ovarium. Menyebabkan nyeri panggul yang parah dan dapat mempengaruhi kesuburan.

4. Polikistik Ovarium (PCOS)

Terkait dengan kondisi polikistik ovarium di mana ovarium mengalami perkembangan folikel yang tidak normal dan tidak melepaskan telur secara teratur. Dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal, siklus menstruasi tidak teratur, dan masalah kesuburan.

Baca juga: Kode ICD 10 Faringitis atau Penyakit Radang Tenggorokan Berikut Penyebab dan Gejalanya

Baca juga: Arti Kode ICD 10 Asma Bronchial Eksaserbasi : Penyakit Pernafasan yang Memakan 262 juta Orang di Dunia

Baca juga: Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Batu Ginjal atau Nefrolitiasis, Berikut Gejala yang Menyertai!

Pengobatan kista ovarium dapat mencakup pengawasan dan pemantauan terhadap perkembangan kista, penggunaan obat-obatan untuk mengatur hormon, atau dalam beberapa kasus, tindakan bedah untuk mengangkat kista tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait kode ICD 10 pada penyakit kista ovarium beserta jenis-jenisnya yang umum terjadi atau biasa menyerang pada wanita. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU