Monday 6th of May 2024

Contoh Dongeng Sasatoan Singkat Tentang Ayam Jago, Berikan Pesan Moral yang Mendidik Untuk Anak Anak

×

Contoh Dongeng Sasatoan Singkat Tentang Ayam Jago, Berikan Pesan Moral yang Mendidik Untuk Anak Anak

--

ASCOMAXX.com - Fabel adalah cerita yang menceritakan tentang kehidupan para binatang yang bertingkah laku seperti manusia. Fabel adalah karangan fiksi atau fantasi (imajinatif). Terkadang fabel memilih karakter minoritas dalam bentuk manusia. Fabel juga sering disebut cerita yang mengandung moral karena memiliki pesan-pesan yang berkaitan dengan moralitas. Tak terkecuali bahasa Sunda yang sering di sebut Dongeng Sasatoan.

Nah pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan mengenai Contoh Dongeng Sasatoan Singkat Tentang Ayam Jago dalam bahasa Sunda yang semoga bisa berguna untukmu dan bisa membacakan cerita ini untuk kamu yang sudah memiliki anak.


Baca juga: Contoh Kalimat Heuras Genggerong Bahasa Sunda, Doi Garang? Sikat Pakai Kata Ini!

Baca juga: Kumpulan Spanduk Perpisahan Sekolah Dalam Bahasa Sunda, Bisa Untuk SD, SMP dan SMA!

Baca juga: Dongeng Bahasa Sunda Si Kancil Jeung Siput, Dilengkapi dengan Pesan Moral yang Penting

Hayam Kongkorongok Ti Subuh

Dicaritakeun dijaman baheula aya sakadang oray naga nu geus lila hayangeun ulin ka kahiyangan. Unggal poé si oray sok ngalamun baé bari jeung sok dangdan mapantes manéh, tapi keukeuh baé manehna ngarasa teu pantes lantaran teu boga tanduk, mangkaningan rék ngahadep ka déwa.

Sanggeus mikir lila, manéhna karak kaingetan ka babaturana sakadang titinggi, maksudna arék titah nginjeumkeun tanduk ka sakadang hayam, da baheula mah ari hayam jago téh aya tandukan.

Sumber:

UPDATE TERBARU