Saturday 27th of April 2024

Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Batu Ginjal atau Nefrolitiasis, Berikut Gejala yang Menyertai!

×

Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Batu Ginjal atau Nefrolitiasis, Berikut Gejala yang Menyertai!

--

ASCOMAXX.com - Istilah dalam dunia medis mengenai penyakit memang banyak sekali. Salah satunya seperti kode ICD 10 atau banyak orang yang menyebutnya dengan Kode Diagnosa BPJS Kesehatan. Termasuk salah satunya pada penyakit batu ginjal yang sering menyerang lansia.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: Penyakit Konstipasi atau Sembelit: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi, dan Perawatannya

Baca juga: Bedah Kode ICD 10 Konstipasi, Begini Artinya: Petugas Medis Wajib Hapal Untuk Diagnosis Pasien

Baca juga: Berikut Kode ICD 10 Pada Penyakit Sariawan, Beserta Penyebab yang Sering Terjadi!

Kode ICD 10 Pada Penyakit Batu Ginjal

Kode ICD-10 (International Classification of Diseases, 10th Revision) merupakan sebuah sistem klasifikasi yang digunakan secara internasional untuk mengodekan dan mengklasifikasikan berbagai macam penyakit, kondisi medis, dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Sistem ini dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan digunakan oleh berbagai negara di seluruh dunia untuk keperluan statistik, penelitian medis, dan administrasi kesehatan.

Penyakit batu ginjal ini merupakan sebuah kondisi di mana terbentuknya batu keras yang terdiri dari endapan mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal bisa berukuran kecil seperti pasir atau lebih besar seperti batu kerikil.

Sumber:

UPDATE TERBARU