Monday 17th of June 2024

Sumuhun Artinya Adalah? Berikut Ini Contoh Kalimat dan Cara Penggunaannya Dalam Percakapan Bahasa Sunda

×

Sumuhun Artinya Adalah? Berikut Ini Contoh Kalimat dan Cara Penggunaannya Dalam Percakapan Bahasa Sunda

--

ASCOMAXX.com - Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. Bahasa Sunda juga nyaris mirip seperti Bahasa Jawa. Yakni memiliki kosakata yang sangat banyak. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya

Sumuhun artinya iya atau ya, terdiri atas tiga suku kata /su·mu·hun/. Kata sumuhun merupakan kecap rundayan atau kata turunan. Asalnya dari kata dasar muhun ditambah pamaseuk su-. Persamaan kata atau sinonimnya adalah enya dan heueuh. Lawan kata atau antonimnya yaitu sanés dan lain. Kira kira seperti itulah gambarannya.


Baca juga: Kumpulan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 PDF, Cermati Setiap Soal yang Ada!

Baca juga: Materi Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013

Baca juga: 7 Pondok Pesantren Terbaik di Jogja Putra Putri, Menjadi Favorit Ayah Bunda

Dengan mengenal pengertian sumuhun dalam bahasa Sunda dan artinya, dapat memudahkan kita dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bahasa Sunda merupakan bahasa asli Indonesia yang harus dilestarikan, meskipun bahasa asing kini mulai menguasai namun jangan pernah melupakan bahasa daerah sendiri.

Berdasarkan tingkatannya, muhun dan sanés termasuk bahasa Sunda lemes, enya dan lain merupakan bahasa loma, sedangkan heueuh termasuk bahasa kasar. Muhun artinya ya atau iya, terdiri atas dua engang atau suku kata, yaitu /mu·hun/. Fungsinya untuk mengiyakan atau membenarkan suatu pernyataan. Bentuknya kecap salancar karena hanya dibangun oleh satu buah morfem dasar bebas.

Sumber:

UPDATE TERBARU